Home Warta

Ini Dia Uang Edisi Khusus Kemerdekaan, Begini Cara Mendapatkannya

177
Uang Edisi Kemerdekaan
Ini penampakan uang edisi khusus kemerdekaan yang baru diluncurkan Bank Indonesia. (F: Instagram/Bank Indonesia)

Barakata.id- Bank Indonesia (BI) telah merilis penampakan uang edisi khusus kemerdekaan. Uang kertas pecahan Rp75.000 itu diberi nama Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia.

Uang edisi khusus ini diluncurkan secara virtual di kanal YouTube BI, Senin (17/8/20) pukul 11.15 WIB. Gubernur BI Perry Warjito mengatakan peluncuran uang edisi khusus itu merupakan wujud rasa syukur atas anugerah kemerdekaan dan atas pencapaian hasil-hasil pembangunan yang begitu banyak selama 75 tahun kemerdekaan.

“Pengeluaran uang pecahan tersebut sekaligus sebagai tekad dan optimisme menyongsong Indonesia maju dengan kebhinekaan dan sumber daya manusia unggul,” tuturnya.

Baca Juga:
HUT ke-75 RI, Bank Indonesia Akan Luncurkan Uang Seri Khusus Kemerdekaan

Bagian depan dan belakang lembaran uang pecahan Rp75.000 itu memiliki ornamen dengan wujud makna tersendiri.

Pada bagian depan terdapat foto proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta. Penampilan tokoh ini tak lain sebagai bentuk penghargaan atas segala jasa dan pengorbanan kedua di masa lampau. Sehingga membawa Indonesia kepada kemerdekaan.

Pada bagian depan itu diwarnai oleh gambaran peristiwa proklamasi kemerdekaan RI yang dilambangkan dengan pengibaran bendera. Kemudian terdapat gambaran hasil pembangunan Indonesia dalam hal infrastrukur. Dalam hal ini jembatan Youtefa Papua, MRT Jakarta dan Tol Transjawa.

Kemudian pada bagian belakang pecahan tersebut memperlihatkan bhineka tunggal ika Indonesia. Makna itu divisualkan dengan anak-anak muda yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Di belakang gambar anak-anak itu terdapat peta Indonesia emas pada bola dunia yang melambangkan peran strategis Indonesia dalam ranah global. Kemudian terdapat juga satelit merah putih sebagai jembatan komunikasi NKRI.

Peluncuran uang edisi khusus ini juga mendapat sambutan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Menurutnya, 75 tahun kemerdekaan merupakan sebuah perjalanan yang panjang dari ide kebangsaan Indonesia.

Untuk memperingati hal itu sangat patut jika diabadikan dalam uang kertas yang menggambarkan keragaman, persatuan dan pencapaian selama 75 tahun menjaga kemerdekaan.

“Kita bangga terhadap pencapaian ini dan kita terus akan bertekad menjalankan upaya mencapai cita-cita Republik Indonesia yang adil, makmur dan bermartabat,” ucapnya.

Baca Juga:
Disperindag Batam Lomba Hias Ruangan Sambut HUT RI

Peluncuran uang rupiah edisi khusus kerap dilakukan pemerintah dan BI untuk menandai era baru. Sebelumnya sudah pernah diluncurkan uang rupiah edisi khusus dalam kertas maupun logam.

Diantaranya edisi 25 tahun kemerdekaan, edisi angkatan 45, edisi save the children, edisi cagar alam 1974, edisi cagar alam 1987, edisi 50 tahun kemerdekaan, edisi 100 tahun proklamator dan edisi children of the world.

Uang edisi khusus kemerdekaan ini bisa dimiliki oleh siapa saja. Tak harus pejabat, sosialita atau kolektor.

“Tukarkan uang Anda sebesar Rp75.000 untuk memiliki uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI nominal Rp75.000. Pemesanan penukaran bisa melalui tautan https://pintar/bi.go.id mulai 17 Agustus 2020,” tulis BI dalam akun Instagaramnya.

****

Penulis: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin