Home Gaya Ini Dia Panduan Bersepeda di Masa New Normal

Ini Dia Panduan Bersepeda di Masa New Normal

Bersepeda memang bikin sehat, tapi pastikan aktivitas tersebut tetap mengikuti panduan agar aman dari paparan virus Corona. (F: Piqsels)

Barakata.id- Bersepeda sekarang tengah menjadi tren. Selain untuk olahraga, bersepeda di masa new normal atau adaptasi kebiasaan baru ini juga jadi gaya hidup. Meski bersepeda bikin sehat, tapi goweser perlu hati-hati. Sebaiknya tetap mengikuti panduan yang tepat, agar gowesnya tetap aman dan tidak terpapar virus Corona.

Bersepeda memang memiliki banyak manfaat. Orang yang hobi bersepeda akan memiliki kebugaran tubuh yang baik, terutama jantung dan paru-parunya. Bersepeda juga dapat mencegah obesitas dan menjaga imunitas

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Andhika Raspati mengatakan saat bersepeda goweser tetap harus jaga jarak. Pakai masker di mana saja untuk menghindari droplet dan mengatur intensitas kecepatan gowesnya sehingga nafas tak sesak saat memakai masker.

Baca Juga:
Takut Keluar, Ini Ide Olahraga di Rumah Agar Tetap Bugar

“Penggunaan face shield saja tak dianjurkan, karena masih ada celah untuk droplet,” ujar dokter yang juga menjabat Kepala Bidang Medis di Federasi Balap Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) ini, Minggu (5/7/20) seperti dilansir dari laman Covid-19.go.id.

Para goweser juga harus memperhatikan keselamatan dirinya saat bersepeda. Misalnya tidak bersepeda di tempat yang terlalu padat kendaraan lainnya. Jangan lupa menggunakan helm. Jika bersepeda di malam hari atau pagi-pagi sekali gunakan lampu, kenakan pakaian yang bersinar untuk menandakan pengguna jalan lain.

“Selain itu pastikan kondisi kesehatan diri dengan berkonsultasi ke dokter. Jika baru bersepeda, jangan ikuti teman yang sudah terbiasa jarak jauh. Harus bertahap dan dibiasakan,” ujarnya.

Andhika berpesan agar kegiatan bersepeda sebaiknya untuk memenuhi kebutuhan saja. Tidak perlu berkumpul-kumpul. Jika pun tak bisa menghindari kerumunan, pastikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga:
Kepri Bersepeda 2020 Dicanangkan

Tak hanya untuk olahraga saja, penghobi sepeda juga mulai banyak yang menggunakan sepeda untuk ke kantor. Namun, menurut ketua Bike2Work Indonesia Poetoet Soedarjanto, pemula sebaiknya tidak langsung ikut-ikutan dengan bersepeda ke kantor.

“Harus memulai bersepeda secara bertahap. Awalnya seminggu sekali, kemudian seminggu tiga-empat kali. Baru setelah terbiasa bisa setiap hari ke kantor pakai sepeda,” kata dia.

Bagi goweser yang bersepeda di jalan raya, juga sebaiknya lebih hati-hati. Jangan diniatkan untuk celaka atau mencelakai orang lain. Meski menggunakan sepeda tetap harus mematuhi peraturan lalu lintas dan menghormati pengguna jalan lainnya.

“Dianjurkan untuk solo riding, jika berkelompok maksimal lima orang saja,” pungkasnya.

****

Editor: Asrul R

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin