Home Gaya Hiburan

IndoXXI Tutup, Selamat Tinggal Nonton Film Gratis

214
Pengumunan pihak IndoXXI tentang akan tutupnya situs mereka mulai 1 Januari 2020. (F: Barakata.id/Screenshoot situs IndoXXI)

Barakata.id, Batam – Bagi penikmat film dengan layanan streaming atau online, tentu sudah sangat hapal dengan situs IndoXXI. Laman yang menyajikan ribuan film berbagai genre itu sudah bertahun-tahun memanjakan jutaan pasang mata pemburu nonton film gratis.

Bagaimana tidak, bisa dikatakan hampir semua film yang tayang di bioskop tersedia di situs tersebut. Bahkan terkadang ada film-film yang belum diputar di layar lebar, tapi sudah nongol di IndoXXI.

Dilihat dari file mereka, para pengunjung akan dengan bebas memilih film yang mau ditonton. Semua lengkap, mulai dari film-film Asia, Bollywood, Hollywood hingga Amerika Latin.

Baca Juga :

Avengers: Endgame Jadi Film Terlaris Sepanjang Masa

Genre atau jenis film yang bisa ditonton juga sangat beragam. Ada drama, komedi, aksi sampai fiksi ilmiah. Semuanya dengan mudah bisa diakses pengunjung.

Bukan hanya menonton, situs itu juga memberi layanan unduh atau download film. Fasilitas itu menjadikan IndoXXI sangat populer bagi pengguna internet di Indonesia.

Tapi semua itu bakal jadi kenangan. Mulai 1 Januari 2020, laman IndoXXI akan berhenti tayang.

Tutupnya layanan IndoXXI sudah diumumkan di laman web tersebut. Salah satu alasan yang disampaikan adalah, mereka ingin mendukung industri kreatif di Indonesia.

“Sangat berat tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film di website ini demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah air, semoga ke depannya akan menjadi lebih baik. Salam, INDOXXI,” demikian tertulis pada situs tersebut yang dikutip pada, Selasa (24/12/19) malam.

Informasinya, penutupan laman IndoXXI karena adanya upaya pemblokiran terus-menerus oleh pihak pemerintah melalui Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informasi).

Baca Juga :

5 Film Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa

Dilansir dari situs Kominfo, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menegaskan, selama ini IndoXXI selalu main kucing-kucingan dengan pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo. Hal itu lantaran IndoXXI sesungguhnya sadar kalau mereka adalah penyedia film-film hasil bajakan.

Menurut Semuel, pihaknya sudah beberapa kali melakukan pemblokiran di situs tersebut, tapi pihak IndoXXI selalu berusaha untuk terus aktif di dunia maya. Karena itu, pihaknya juga menggandeng sejumlah pihak untuk menutup portal film tersebut.

“Ini kan berkaitan dengan hak cipta orang lain. Mereka (IndoXXI) selama ini menyediakan film bajakan. Kami akan menggandeng penegak hukum juga, termasuk dari HAKI (Hak Kekayaan Intelektual),” katanya.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin