
Jakarta – Sebuah survei terbaru menempatkan Indonesia sebagai negara paling optimistis keempat di dunia. Dalam survei itu, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Indonesia pada kuartal I/2019 stabil di angka 125.
Hasil survei tersebut dirilis oleh The Conference Board® GlobalConsumer Confidence™ Survey, berkolaborasi dengan Nielsen. Disebutkan, IKK ini dipengaruhi oleh tiga indikator, yaitu optimisme konsumen mengenai prospek lapangan kerja lokal, keadaan keuangan pribadi, dan keinginan untuk berbelanja, dalam 12 bulan ke depan.
Nielsen menyebutkan, Indonesia mengalami peningkatan untuk dua indikator pertama. Hasil survei menunjukkan bahwa optimisme akan prospek lapangan kerja lokal di Indonesia meningkat menjadi 72 persen, dari sebelumnya 68 persen pada kuartal IV/2018. Sementara terkait kondisi keuangan, 83 persen konsumen memiliki persepsi positif, meningkat dari 79 persen di kuartal sebelumnya.
Namun, hanya 56 persen konsumen yang menyatakan bahwa 12 bulan ke depan adalah waktu yang baik untuk berbelanja barang-barang yang mereka inginkan dan butuhkan.
“Indikator terakhir ini menurun dari 63% pada kuartal IV/2018,” kata Managing Director Nielsen Indonesia, Agus Nurudin, Senin (3/6/19) seperti dikutip dari Tempo.
Secara global, IKK Indonesia stabil dengan hanya mengalami satu poin penurunan dari 107 menjadi 106. Artinya, konsumen cenderung mempertahankan belanja, namun lebih hati-hati di tengah kondisi ekonomi global yang melambat.
Menurut survei tersebut, 10 negara teroptimistis pada kuartal I/2019 adalah Filipina (133), India (132), Vietnam (129), Indonesia (125), Denmark (119), Malaysia (115), China (115), Uni Emirat Arab (113), Arab Saudi (112), Thailand (111).
Sentimen positif konsumen Indonesia akan stabilitas ekonomi membaik secara signifikan, dimana pada kuartal I/2019 hanya 51 persen konsumen online Indonesia yang berpendapat bahwa negara sedang berada dalam keadaan resesi ekonomi.
Sebelumnya pada kuartal IV/2018, tercatat bahwa terdapat 57 persen konsumen yang berpendapat bahwa negara sedang mengalami resesi ekonomi, dan 61 persen pada kuartal III/2018.
The Conference Board® Global Consumer Confidence Survey adalah survei Keyakinan Konsumen Global yang dilakukan Conference Board® bekerja sama dengan Nielsen. Survei ini dilaksanakan pada Januari 2019 dan mensurvei lebih dari 32.000 konsumen online di 64 negara di seluruh Asia-Pasifik, Eropa, Amerika Latin, Tengah Timur / Afrika dan Amerika Utara.
*****