Home Kepulauan Riau Batam Ijazah Siswa Ditahan, LSM Lira Kepri Datangi Kepsek SMKN 4 Batam

Ijazah Siswa Ditahan, LSM Lira Kepri Datangi Kepsek SMKN 4 Batam

35
Gubernur DPW LSM Lira Kepri, M. Nur bersama pengurus Lira Kepri
Gubernur DPW LSM Lira Kepri, M. Nur bersama pengurus Lira Kepri.
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Batam – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LSM Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Kepulauan Riau (Kepri), membantu mengeluarkan Ijazah milik Khairul yang ditahan pihak sekolah SMKN 4 Batam.

Gubernur DPW LSM Lira Kepri, Muhammad Nur, SH mengatakan alasan pihak sekolah sengaja menahan Ijazah milik Khairul, lantaran yang bersangkutan belum membayar uang sekolah.


Menurut M.Nur, apapun alasannya pihak sekolah tidak boleh menahan Ijazah anak, lantaran hanya belum membayar uang SPP.

“Kejadian ini seharusnya tidak terjadi. Karena kondisi ekonomi masyarakat saat ini sangat sulit. Tentu pihak sekolah pun harus melihat persoalan dengan bijak, dengan belum dibayarnya SPP,” ungkap M.Nur, Senin (13/9/2021).

Bagi LSM Lira Kepri, lanjut M. Nur, persoalan Ijazah bukan soal kaleng kaleng ( biasa biasa) saja, tapi hal penting. Karena menyangkut masa depan anak tersebut.

Baca juga : DPW LSM LIRA Kepri Desak Kapolda Tutup Gelper di Batam, Terindikasi Judi dan Tak Patuhi Protkes

Selain itu, M. Nur mengatakan, alasan orang tua wali murid belum membayarkan uang sekolah anaknya, dikarenakan yang bersangkutan saat ini memang sangat kesulitan masalah ekonomi.

M. Nur mengatakan, kondisi ekonomi orang tua Khairul memang sangat memprihatinkan, terlebih soal ekomomi. Dan ini seharusnya ada toleransi dari pihak sekolah, untuk mengeluarkan Ijazah anak tersebut.

“Setelah kami datangi rumahnya, kami mengetahui bahwasanya orang tua wali murid memang orang tak mampu. Ayahnya seorang nelayan dan ibunya hanya ibu rumah tangga. Terkadang ibunya membuat kue untuk dititipkan dikedai tetangga agar bisa membantu perekonomian keluarga,” ungkap M. Nur

Setelah memastikan, lanjut tokoh muda Melayu ini, pihaknya menyatakan yang bersangkutan patut untuk dibantu. Lalu ia bersama sejumlah pengurus LSM Lira Kepri mendatangi ke SMKN 4 Batam.

Baca juga : Lira Kepri: Tangkap Aktor Intelektual dari 18 Proposal Fiktif, Dugaan Korupsi Bansos

“Alhamdulillah kami mendapatkan respon baik dari Kepala Sekolah, M Taher dan yang bersngkutan berjanji akan memberikan ijasah anak itu besok paginya dan saat ini sudah diberikan kepada Khairul,” ungkap M. Nur.

Menurut M. Nur, kejadian seperti ini banyak. Artinya wali murid tidak membayar uang sekolah dengan alasan tak mampu. Oleh karenanya, pihaknya sengaja mendatangi ke rumah orangtua wali murid untuk memastikan apakah orang tuanya benar- benar tak mampu atau mampu tapi tak mau bayar.

“Tapi memang sekali lagi, kondisi ekonomi orang tua si Khairul memang cukup memprihatinkan. Dan apa yang kami lakukan ini, hanya semata-mata sebagai kemanusiaan saja,” pungkas M. Nur.

Baca juga : Pengurus LSM LIRA Kepri Kunjungi Isdianto, Tegaskan Jadi Mitra Pemerintah yang Kritis

Sementara orangtua Khairul mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada pihak LSM Lira Kepri dibawah Muhammad Nur sebagai Gubernurnya.

“Kami sebagai orang tua tak bisa balas budi baik bapak M.Nur dan bapak pengurus LSM Lira Kepri, Bapak kepala sekolah pak M.Taher yang sudah membantu kami mendapatkan ijazah Khairul, agar kelak Khairul bisa melamar kerja dan bantu perkonomian keluarga, terimakasih pak hanya Allah SWT yang bisa membalas budi baik bapak – bapak semua,” ungkap orangtua Khairul. (Ali)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin