Home Kepulauan Riau HUT Ke-73 Bhayangkara, Polda Kepri Harus Lebih Profesional dan Humanis

HUT Ke-73 Bhayangkara, Polda Kepri Harus Lebih Profesional dan Humanis

117
Peringatan HUT ke-73 Bhayangkara di lapangan Polda Kepri, Nongsa, Batam, Rabu (10/7/19). (F: Humas Polda Kepri)

Batam – Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-73 Bhayangkara harus dijadikan momentum bagi jajaran Polda Kepri untuk tetap solid dan terus bekerja keras mewujudkan dan memberi rasa aman kepada seluruh masyarakat. Polisi kini dituntut untuk menunjukkan wajah yang humanis dalam setiap tindakannya menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

“Di hari yang berbahagia ini, mari kita terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045,” kata Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto dalam upacara peringatan HUT ke-73 Bhayangkara di lapangan Polda Kepri, Nongsa, Batam, Rabu (10/7/19).

Kapolda yang membacakan amanat Presiden Joko Widodo mengatakan, Polri harus mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Polri pun harus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.

“Tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan. Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri,” ujarnya.

Baca Juga : HUT Ke-73 Bhayangkara, Polda Kepri Tabur Bunga di Laut Perbatasan

Disebutkan, kerja keras dan pengabdian Polri telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik.

Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto. (F: Humas Polda Kepri)

Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah Indonesia. Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadan dan Idulfitri 2019.

Selanjutnya, dalam pengelolaan organisasi, Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama 6 tahun berturut-turut.

“Dalam kesempatan yang penuh dengan kebahagiaan ini, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh personel Polri di mana pun saudara mengabdi. Kepada mitra kerja Polri, serta kepada masyarakat yang telah mendukung terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri yang kondusif,” kata Kapolda Kepri.

Penghargaan dan atraksi

Setelah upacara, Kapolda Kepri menyerahkan penghargaan kepada 45 personel berprestasi dan lima warga sipil yang dinilai telah membantu tugas-tugas Kepolisian. Acara kemudian dilanjutkan dengan atraksi, peragaan bela diri pencak silat oleh personel TNI-Polri, Bhayangkari dan putra-putri personel Polri.

Atraksi memecahkan tumpukan 73 batako oleh personel Polda Kepri dalam peringatan HUT ke-73 Bhayangkara, Rabu (10/7/19). (F: Humas Polda Kepri)

Di antara atraksi tersebut adalah, mematahkan batu batako dengan menggunakan kaki, tangan, dan kepala. Ada pula atraksi mematahkan 73 tumpukan batako yang mengundang decak kagum orang-orang yang hadir di acara itu.

Atraksi lainnya adalah Defile Pasukan Upacara dan kendaraan taktis Polri dalam mendukung tugas Polri di lapangan. Diawali Drum Band Canka Putra Perkasa dan diakhiri dengan Tarian Kolosal Melayu yang diikuti oleh Kapolda Kepri dan sekitar 1.700 orang menari secara serentak.

Baca Juga : Polda Kepri Kini Punya Kapal Patroli Canggih untuk Jaga Laut

Tampak hadir di acara itu para pejabat di Provinsi Kepri seperti, Gubernur Kepri, Ketua DPRD Kepri, Danrem 033/WP, Danlantamal IV Tanjungpinang, Kajati Kepri, Wakapolda Kepri, Penjabat Ketua Bhayangkari Daerah Kepri dan Danguskamla Koarmada I. Selain itu hadir pula Kepala BIN Daerah Kepri, Kepala BNP Kepri, Danlanud, para Irwasda dan pejabat utama Polda Kepri, serta pimpinan instansi, tokoh masyarakat, agama dan pemuda.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Erlangga mengatakan, Polda Kepri saat ini telah memasuki usia ke-14 tahun. Polda Kepri lahir pada 3 Maret 2005 berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor Pol : Skep/09/III/2005 tentang Pembentukan Polda Kepulauan Riau dengan status Polda Persiapan.

“Kapolda Pertama yang menjabat di Polda Kepri adalah Kombes Pol Anton Bahrul Alam. Saat ini Kapolda Kepri dijabat Irjen Pol Andap Budhi Revianto,” katanya.

*****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here