Hujan Bikin Orang Merasa Lapar dan Kesepian

17
Ilustrasi. Hujan bisa bikin seseorang merasa kesepian.

Barakata.id, Batam – Hujan, terkadang bisa membuat suasana menjadi sangat romantis. Tapi hujan ternyata juga sering membuat orang merasa kesepian, dan lapar.

Menurut Psikolog Klinis, Tecsia Evans, seseorang rentan merasa kesepian saat hujan turun. Itu adalah salah satu pengaruh tidak terduga yang bisa ditimbulkan hujan terhadap hati atau perasaan.

Dikatakan, hujan memang dapat memengaruhi suasana hati dan perilaku seseorang.

“Selain merasa kesepian, hujan juga bisa mendatangkan perasaan sedih, muram, dan tak percaya diri,” katanya dilansir dari WebMD, Kamis (7/11/19).

Baca Juga : Kisah Cintan Pemuda dan Nenek Ini Kandas di KUA

Untuk mengatasi rasa kesepian yang menyergap di kala hujan turun, Evans menyarankan agar seseorang tetap melakukan aktivitas menyenangkan yang bisa mengembalikan suasana hati.

Menurut dia, banyak kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari menonton film, bermain game atau membaca buku.

Sebaiknya, seseorang tidak berdiam diri di tempat tidur dengan suasana kamar yang gelap. Jika itu dilakukan, maka otak akan disibukkan dengan beragam pikiran atau emosi negatif. Salah satunya merasa kesepian.

“Jika memang berada di dalam ruangan saat hujan turun, sebaiknya menyalakan lampu atau penerangan lainnya,” kata dia.

Bukan hanya merasa kesepian, lanjut Evans, hujan lebat juga bisa memicu rasa lapar bagi sebagian orang.

Perasaan lapar itu muncul karena terjadinya penurunan kadar hormon leptin yang bertugas untuk menghentikan nafsu makan. Kondisi itu membuat kebutuhan akan asupan karbohidrat muncul sehingga datanglah perasaan lapar.

Oleh sebab itu, tak heran kalau saat hujan turun, banyak dari kita yang selalu ingin menyantap makanan, baik berat maupun ringan. Apalagi jika itu makanan yang bisa menghangatkan suasana sepert sup, bakso atau makanan berkuah lainnya.

Baca Juga : 4 Tanda Pria Selingkuh dan Punya Wanita Idaman Lain

Selain merasa kesepian, hujan lebat juga bisa memicu rasa lapar. Saat hujan turun, kadar hormon leptin yang bertugas untuk menyetop nafsu makan mengalami penurunan. Akibatnya, kebutuhan akan asupan karbohidrat meningkat dan rasa lapar pun muncul.

Tak hanya pada orang dewasa, hujan juga dapat memengaruhi perilaku anak. Sebuah studi menemukan, anak-anak menunjukkan perilaku terburuk mereka saat tekanan udara menurun.

Tekanan udara yang menurun diketahui dapat berujung pada peningkatan tekanan darah. Kondisi itu lah yang mendorong seseorang untuk lebih mudah marah.

*****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here