Home Kepulauan Riau Hore! Herd Imunity Tercapai di Kepri

Hore! Herd Imunity Tercapai di Kepri

Herd Immunity di Kepri
Ilustrasi. (F: Pixabay)

Barakata.id, Kepulauan Riau – Provinsi Kepri berhasil mencapai kekebalan komunitas atau herd imunity. Hal ini berdasarkan survei ‘serology’ yang dilakukan oleh Dr. dr. Ibrahim, Mpd.Ked., MSc., SpKKLP., Dekan Fakultas Kedokteran UNIBA yang juga merupakan Ahli Epidemologi.

“Secara nasional angka minimal itu 70 persen, namun Kepri telah mencapai angka 89,6 persen. Hampir mendekati 90 persen,” kata Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, Senin (3/1/22) dikutip dari humas.kepriprov.go.id.

Ansar mengaku langsung menemui Menteri Dalam Negeri untuk menyampaikan hasil survei ini. Berdasarkan survei ini, kata Ansar, Kepri dinyatakan aman dari penyebaran Covid-19.

Baca Juga:

“Walaupun begitu, masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan dan vaksinasi harus terus berjalan,” ujarnya.

Ansar mengatakan selama ini memang mengejar terbentuknya herd immunity. Target itu saat ini telah tercapai. Sehingga bisa fokus dalam pemulihan ekonomi dan menjalankan program-program pariwisata.

“Jadi lebih leluasa beraktivitas, sudah bisa membuka diri dari wisawatan manapun, selama protokol kesehatan tetap dijalankan,” tuturnya.

Penelitian atau survei serology sender bertujuan untuk melihat gambaran kekebalan tubuh kelompok (herd immunity) terhadap Covid-19 di Kepri Tahun 2021.

Jumlah sampel 502, terdiri dari kelompok umur dibawah 18 tahun, 18-59 Tahun dan diatas 60 tahun dengan status vaksin Covid-19 secara proporsional sesuai dengan populasi dan pencapaian vaksin di setiap Kabupaten Kota.

Baca Juga:

“Sampel berupa spesimen darah dan periksa kadar antibodi dengan pemeriksaan titer antibodi total kuantitatif,” tutur Ansar.

Berdasarkan hasil survey  menunjukkan 89,6 persen reaktif atau dinyatakan sudah terbentuk antibodi. Sementara hanya  10,4 persen dinyatakan non reaktif atau dinyatakan tidak memiliki antibodi.

Hasil reaktif didapatkan 70.5 persen titer antibodi 136 U/ml atau setara dengan standar minimal kadar antibodi plasma darah yang digunakan untuk terapi plasma convalesen terhadap Covid-19 dan 19.1 persen kadarnya dibawah angka tersebut. Sehingga dapat dikatakan Kekebalan tubuh kelompok masyarakat Kepri tahun 2021 telah mencapai target herd immunity. (asrul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin