Home Warta Ekonomi

Honda Brio RS Geser Suzuki Ignis sebagai “Raja Kota”

206
Honda Brio RS dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta.
Honda Brio RS dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta.

Jakarta – Dominasi Suzuki Ignis dalam penjualan “City Car” atau mobil yang kompatibel dengan trek perkotaan digeser oleh Honda Brio RS. Sepertinya, tahun ini akan ada “Raja Kota” yang baru.

Berdasarkan data wholesales dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada bulan Mei 2019, ada 932 unit Honda Brio RS yang tersalur ke dealer. Angka tersebut cukup jauh meninggalkan Suzuki Ignis yang berada di posisi kedua dengan 277 unit.

Baca Juga : Bayar Pajak Kendaraan Kini Makin Murah, Diskon hingga 50 Persen

Apalagi, merujuk pada data tersebut, tren penjualan Ignis juga mengalami penurunan. Sejak Januari hingga Mei 2019, Honda Brio RS berhasil memimpin peringkat penjualan City Car di Tanah air.

Setelah Brio RS dan Ignis, merek lain yang menguntit di belakangnya adalah Datsun Cross dan Daihatsu Sirion. Penjualan rata-rata kedua mobil itu per bulannya di atas angka 250 unit.

Penjualan Cross dan Sirion itu jauh lebih bagus dibanding tiga kompetitor lainnya yakni Nissan March, Chevrolet Spark, dan Hyndai Grand i10 yang penjualannya pada Januari-Mei 2019, nyaris bisa dihitung jari.

Mengutip Tempo.co, Selasa (2/7/19), kendaraan City Car atau mobil perkotaan yang harganya relatif di bawah Rp200 jutaan, memang masih menjadi primadona untuk segmen konsumen tertentu. Selain harga yang relatif terjangkau, City Car juga memiliki keunggulan yakni penggunaan BBM yang relatif lebih irit dibanding jenis kendaraan roda empat lainnya.

Baca Juga : Suzuki Alto, Mobil Mini Performa Tinggi Seharga Rp84 Juta

Karena itu, Tak heran jika mobil-mobil untuk segmen ini diprediksi akan terus meramaikan tangga penjualan mobil terlaris di Indonesia. Berikut data penjualan atau Wholesales dari Maret hingga Mei 2019 untuk beberapa jenis City Car:

Honda Brio RS

932 unit (Mei)
717 (April)
975 (Maret)

Suzuki Ignis

277 (Mei)
414 (April)
474 (Maret)

Datsun Cross

275 (Mei)
394 (April)
92 (Maret)

Daihatsu Sirion

210 (Mei)
160 (April)
200 (Maret)

Hyundai Grand i10

9 (Mei)
4 (April)
7 (Maret)

Nissan March

8 (Mei)
9 (April)
39 (Maret)

Chevrolet Spark

2 (Mei)
9 (April)
8 (Maret)

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin