Home Kepulauan Riau Batam Hebat, Siswi Pekanbaru Juara 1 MTQ Internasional di Qatar

Hebat, Siswi Pekanbaru Juara 1 MTQ Internasional di Qatar

Siswi Pekanbaru Juara MTQ Internasioanl
Siswi MTsN 1 Pekanbaru Aisyah Nur Ramadhani juara 1 MTQ internasional di Qatar. (F: kemenag.go.id)

Barakata.id – Seorang siswi MTsN 1 Pekanbaru, Aisyah Nur Ramadhani, berhasil menjadi juara 1 Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional Tijan An-Nour di Qatar.

Ajang MTQ internasional ini didakan secara daring, Kamis (24/2/2022) lalu. Aisyah saat ini merupakan siswi kelas VIII 2 MTsN 1 Andalan Pekanbaru. Gadis berusia 13 tahun ini berhasil mengalahkan 51 peserta dari berbagai negara.

Kepala MTsN 1 Pekanbaru, Irwan Efendi, mengatakan, Aisyah lolos ke babak semifinal MTQ Tijan An- Nour di Qatar pada Desember 2021.

Baca Juga:

Ketika itu babak semifinal diikuti peserta dari berbagai negara seperti Pakistan, Mesir, Libya, Malaysia, Singapura, dan beberapa negara lainnya.

Kemudian di babak final, secara bertahap, Aisyah lolos ke tahap 15 besar, 9 besar, hingga masuk grand final dengan jumlah peserta 5 orang.

“Grand Final MTQ berlangsung 24 Februari 2022 pukul 13.00 – 15.00 WIB,” ujar Irwan, dikutip dari kemenag.go.id.

Setelah itu, pengumuman pemenang disampaikan di hari yang sama oleh Dewan Juri MTQ Qatar, tepatnya pukul 19.25 WIB.

Irwan mengatakan, Aisyah berhasil mengalahkan 4 orang peserta lain yang masuk ke grand final. Setelah juara 1 diraih olehnya, urutan berikutnya diraih oleh Ahmad Azfar Azral (Malaysia), Wafa Maulida Ulfa (Indonesia), Zulfa Ayatul Husna (Indonesia), dan Muhammad Abu Bakar (Pakistan).

Irwan mengatakan, orang tua Aisyah mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi yang diraih Aisyah.

“Begitu juga seluruh civitas MTsN 1 Andalan Pekanbaru, turut bangga atas keberhasilan Aisyah,” ujarnya.

Selain menjuarai MTQ internasional, Aisyah memang telah memiliki segudang prestasi lainnya. Di 2019 misalnya, ia meraih juara 3 dalam MSQ tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Institut Ilmu Al-quran (IIQ) di Jakarta.

Kemudian pada 2020, ia juga mengikuti MTQ tingkat Nasional di Sumatera Barat. Aisyah juga mengikuti STQH tingkat nasional di Provinsi Maluku Utara pada tahun 2021.

Baca Juga:

Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin turut mengapresiasi pencapaian Aisyah. Menurutnya, Aisyah tidak hanya mengharumkan nama Riau melainkan Indonesia di kancah internasional.

‚ÄúSelamat kepada ananda Aisyah Nur Ramadhani yang berhasil mengharumkan nama Riau di kancah Internasional, MTQ di Qatar,” kata Mahyudin.

Ia berpesan agar Aisyah terus berprestasi dan menyebarkan nilai-nilai Al Quran di tengah masyarakat. Ia juga berharap prestasi itu menjadi motivasi bagi pelajar lain untuk terus belajar dan berkarya. (asrul)

IKLAN BP BINTAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin