Home Nusantara

Hati-Hati, Beredar Informasi Hoaks Terkait Vaksin COVID-19 Buatan Sinovac Hanya untuk Uji Klinik dan Bahan Berbahaya

136
Covid-19

Barakata.id, Jakarta – Juru Bicara Vaksin COVID-19 PT Bio Farma Bambang Herianto mengklarifikasi bahwa kemasan vaksin yang akan digunakan berbeda dengan yang digunakan untuk keperluan uji klinik, seperti foto yang beredar adalah hoaks.

Pernyataan ini terkait beredar informasi di masyarakat yang menyebutkan bahwa vaksin COVID-19 yang akan digunakan adalah vaksin hanya untuk uji klinik karena di kemasannya tertulis only for clinical trial, dan mengandung sel vero, virus hidup, serta bahan dasar berbahaya seperti boraks, formaline, aluminium, merkuri, dan lainnya.

Baca juga: 

Bambang mengatakan, vaksin Covid-19 buatan Sinovac tidak mengandung sel vero. Karena sel vero hanya digunakan sebagai media kultur saat menyiapkan bahan baku vaksin, sel vero tidak akan ikut atau terbawa dalam proses akhir pembuatan vaksin. Dan juga tidak mengandung bahan seperti boraks, formalin, merkuri, serta tidak mengandung pengawet.

“Vaksin yang akan digunakan di masyarakat telah melalui tahapan pengembangan dan serangkaian uji yang ketat, sehingga terjamin kualitas, keamanan dan efektifitasnya di bawah pengawasan BPOM serta memenuhi standar internasional,” ungkapnya sebagaimana dikutip Barakata.id dari laman resmi Covid-19, Senin (4/1/2021).

Baca juga:

Diharapkan agar masyarakat berhati-hati dengan informasi yang menyesatkan. Selalu teliti terlebih dahulu sumbernya dan saring sebelum sharing.

Ikuti kanal-kanal informasi COVID-19 yang terpercaya dimulai dari website covid19.go.id dan akun media sosial @lawancovid19_id (https://instagram.com/lawancovid19_id).

Baca juga:

*****
Editor: Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin