Home Kepulauan Riau Bintan Hasil Rapid Test, Semua Kru dan ABK di Pelabuhan Tanjunguban Non-Reaktif Corona

Hasil Rapid Test, Semua Kru dan ABK di Pelabuhan Tanjunguban Non-Reaktif Corona

Kru dan ABK armada laut di Pelabuhan Tanjunguban menjalani pemeriksaan rapid test untuk memastikan mereka terbebas dari virus corona, Jumat (17/4/20). (F: barakata.id/IST)

Barakata.id, Bintan – Upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di kawasan Pelabuhan Tanjunguban, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) semakin gencar. Jumat (17/4/20), semua kru dan anak buah kapal (ABK) arnada laut di pelabuhan itu menjalani uji cepat dengan alat rapid test.

Satu persatu kru dan ABK speedboat dan kapal RoRo di Pelabuhan Tanjunguban diperiksa untuk memastikan mereka dalam kondisi bebas dari virus yang menyerang saluran pernapasan itu.

Baca Juga :
Pasien Covid-19 di Kepri yang Sembuh Tambah 3 Orang

Pemeriksaan sampel darah dilakukan di dua tempat di waktu yang bersamaan yakni di pelabuhan Bulang Linggi, dan di pelabuhan ASDP Tanjunguban.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, kegiatan itu merupakan tracing dan pemeriksaan rapid test untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Total ada 84 kru dan ABK yang menjalani pemeriksaan rapid test.

“Untuk jumlah tracing di Pelabuhan ASDP Tanjunguban ada 50 orang. Terdiri dari kru kapal RoRo 32 orang dan petugas pelabuhan 18 orang. Sedangkan di Pelabuhan Bulang Linggi, yang di-tracing dan di-rapid test ada 34 orang, yang terdiri dari 26 orang kru kapal dan 8 orang petugas pelabuhan,” kata Arif Fadillah kepada barakata.id.

“Mereka di-tracing dan mengikuti pemeriksaan cepat karena memiliki kontak erat dengan yang berisiko tinggi. Hasil pemeriksaan RDT yang dilakukan bersama KKP Tanjungpinang dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dan Puskesmas Tanjungban, semuanya non-reaktif,” sambungnya.

Kru dan ABK armada laut di Pelabuhan Tanjunguban, Bintan menjalani pemeriksaan rapid test untuk memastikan mereka terbebas dari virus corona, Jumat (17/4/20). (F: barakata.id/IST)

Selama tracking, lanjut Arif Fadillah, petugas kesehatan bersama aparat setempat juga mengedukasi tentang risiko pencegahan dan pengendalian Covid- 19 kepada seluruh ABK dan petugas pelabuhan.

Baca Juga :
Pemko Batam Mulai Bagikan Sembako, Ini Jadwalnya

Di tempat yang sama, Kepala kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Agus Jamal menyebutkan, pemeriksaan cepat sample darah itu dilakukan setiap kedatangan kapal di pelabuhan dan ABK-nya diarahkan ke kantor kesehatan.

“Pemeriksaan dimulai dari pukul 09.00 WIB di dua tempat yakni di Pelabuhan kapal RoRo dan pelabuhan speedboat yang waktunya bersamaan,” sebutnya.

*****

Editor : Yuri B Trisna

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin