Home Gaya Perempuan

Harus Tahu, Ini Ciri-ciri Produk Skin Care yang Berbahaya

136
Ilustrasi (F: Pixabay)

Barakata.id, Perempuan – Skin care merupakan salah satu kebutuhan kaum wanita untuk menjaga kulitnya. Namun para wanita harus tahu ciri-ciri produk skin care yang berbahaya. Sebab tak semua skin care yang beredar di pasaran aman dipakai.

Seperti yang tengah ramai jadi pemberitaan di media massa saat ini. Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri membongkar pabrik rumahan kosmetik ilegal di Jalan Pluit Kencana Raya Penjaringan Jakarta Utara 13 Januari lalu.

Kosmetik itu didistribusikan di salon kecantikan dan dijual online. Salah satunya di salon kecantikan IVA Skin Care di Jakarta Utara

Baca Juga: Skincare yang Wajib Dimiliki di Musim Hujan

“Di sana kami menemukan kosmetik ilegal (tanpa izin edar) dan beberapa produk izin edar dari BPOM RI sudah mati atau kedaluwarsa,” kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Holomoan Siregar, Selasa (19/1/2021) dikutip dari suara.com.

Lalu bagaimana mengecek skin care yang bahaya atau tidak? Dilansir dari laman thebodyshop, ada beberapa ciri-ciri yang bisa diperhatikan dari sebuah produk skin care. Jika ciri-ciri ini ditemukan, maka dipastikan produk tersebut tidak aman.

1. Tak terdaftar di BPOM RI

Saat hendak membeli produk skin care, cari tahu apakah produk itu sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Lembaga ini bertugas mengawasi legalitas dan menetapkan standar keamanan untuk oabt dan makanan yang akan dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Skin care yang sudah terdaftar di BPOM biasanya melabeli produknya dengan nomor sertifikasi dari BPOM. Untuk mengecek keasliannya, Anda bisa membuka situs BPOM di https://cekbpom.pom.go.id/.

2. Hasilnya instan

Skin care yang hasilnya cepat harus diwaspadai. Produk skin care memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan kulit. Sehingga hasilnya tak bisa instan.

Apalagi jika setelah menggunakannya, ada reaksi yang ditimbulkan seperti wajah menjadi perih, panas, atau sensasi terbakar apalagi mengelupas. Sebaiknya pemakaian dihentikan agar kulit tetap sehat dan aman.

3. Warnanya terlalu mengkilap

Saat membeli skin care, perhatikan tampilan teksturnya. Umumnya, krim wajah yang berbahaya memiliki warna mencolok, putih mengkilap atau kuning tak merata.

Ada pula yang disamarkan dengan warna lain dengan menggunakan pewarna tekstil bukan perwarna khusus kosmetik.

Baca Juga: Ayu Ting Ting Bisnis Skincare, Cari Resep Sampai Rusia

4. Baunya menyengat

Produk skin care yang berbahaya juga dapat diketahui dari baunya. Jika baunya menyengat harus diwaspadai. Sebab bau tersebut bertujuan untuk menyembunyikan bau khas logam merkuri.

Produk yang aman memiliki aroma yang lembut dan samar. Sebab aroma itu berasal dari kandungan alami seperti bunga atau buah.

***
Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin