Home Kepulauan Riau Batam Hari Ini Ribuan Buruh Demo di Kantor Pemko dan DPRD Batam

Hari Ini Ribuan Buruh Demo di Kantor Pemko dan DPRD Batam

Ilustrasi. Serikat pekerja di Batam menggelar aksi damai di depan kantor Pemko Batam saat Hari Buruh Sedunia, beberapa waktu lalu. (F: Barakata.id/ Ist)

Barakata.id, Batam – Ribuan buruh akan menggelar aksi demo di depan Kantor DPRD dan Pemko Batam, Senin (2/3/20) pagi. Demo Buruh ini terkait dengan penolakan terhadap RUU Omnibus Law Cipta Kerja yang tengah digodok DPR RI.

Surat pemberitahuan aksi buruh ke Polresta Barelang sudah banyak beredar di kalangan jurnalis dan media sosial sejak kemarin.

Dalam surat itu, disebutkan bahwa aksi demo itu dilaksanakan oleh
Aliansi Buruh Batam Bergerak (AB3). Disebutkan, massa buruh yang akan ikut aksi mencapai 23.400 orang.

Jumlah kendaraan yang digunakan Massa buruh untuk aksi demo diperkirakan sebanyak 10 unit untuk roda empat dan 500 unit untuk roda dua.

Massa juga akan membawa alat peraga aksi seperti spanduk, poster, pengeras suara dan lainnya.

Baca Juga :
UMK Batam 2020 Akan Naik Rp300 Ribu, Buruh Menolak

Pengurus Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) sudah mengkonfirmasi rencana aksi tersebut.

“Memang benar, Insya Allah ribuan rekan-rekan buruh sudah siap bergerak. Ini juga serentak di seluruh Indonesia, terkait penolakan RUU Omnibus Law yang sangat merugikan buruh,” kata Sekretaris Konsulat Cabang FSPMI Batam, Andi Saputra.

Rencana demo buruh di kawasan pusat pemerintahan di Batam Centre juga dibenarkan Kapolresta Barelang, AKBP Purwadi Wahyu Anggoro.

Untuk mengamankan aksi buruh hari ini, Polri telah menyiagakan ratusan personel gabungan dark Polresta Barelang, Brimob dan juga Dit Samapta Polda Kepri.

“Untuk menjaga, mengawal dan mengantisipasi pengamanan jalannya aksi ratusan personel gabungan sudah kita siagakan, termasuk bantuan dsri personal TNI,” katanya.

“Kita juga sudah mengimbau para personel yang bertugas supaya dapat melayani massa yang berunjuk rasa dengan baik. Kita antisipasi agar aksi ini berjalan aman, lancar, tidak anarkis, dan tidak mengganggu kegiatan masyarakat lainnya,” tegasnya.

*****

Editor : Yuri B Trisna

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin