Home Kepulauan Riau Batam

Hari Ini, Listrik Batam dan Bintan Masih Padam Bergilir

245
Listrik Padam
Seorang anak di Perumahan BSI Residence, Batam Kota belajar dengan penerangan lilin karena listrik di Batam mati total akibat sambaran petir, Kamis (4/6/20) malam. (F: Yuri B Trisna/barakata.id).

Barakata.id, Batam – Padam listrik di Kota Batam yang terjadi sejak Kamis (4/6/20) malam masih akan berlanjut pada Jumat (5/6/20). Bukan hanya Batam, listrik padam juga akan terjadi di sebagian wilayah Pulau Bintan.

Pihak bright PLN Batam sebelumnya menyatakan, ada kerusakan pada sistem kelistrikan mereka akibat sambaran petir pada Kamis malam. Hingga Jumat siang, teknisi masih berusaha melakukan perbaikan.

Baca Juga :
Disambar Petir, Listrik Batam Mati Total, Dirut PLN Minta Maaf

Sambil menunggu masa perbaikan itu, PLN Batam pun harus melakukan pemadaman listrik secara bergilir di wilayah Batam dan sebagian Bintan.

Humas PLN Batam, Yoga Perdana mengatakan, pemadaman bergilir dilakukan karena Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjungkasam belum sinkron ke sistem. Saat ini masih dilakukan pemanasan broiler di PLTU, dan pekerjaan itu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Menurut Yoga, saat PLN Batam mengalami defisit sekitar 131 Megawatt (MW).

“PLTU Tanjungkasam kan masih menggunakan batu bara, jadi harus dibakar dulu dan itu membutuhkan waktu sekitar delapan jam lebih,” kata dia kepada barakata.id, Jumat (5/6/20).

Menurut Yoga, saat PLN Batam mengalami defisit sekitar 131 Megawatt (MW).

Ia mengatakan, pemadaman bergilir pada Jumat (5/6/20) akan terjadi mulai pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB. Bukan hanya di wilayah Kota Batam, pemadaman bergilir juga akan dilakukan di sebagian wilayah Pulau Bintan.

Baca Juga :
Pakai Token PLN Batam, Pahami Jumlah Pulsa Anda

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama bright PLN Batam, Awaluddin Hafid mengatakan, pemadaman listrik yang terjadi pada Kamis (4/6/20) malam akibat adanya gangguan sistem kelistrikan yang disebabkan sambaran petir sekitar pukul 19.25 WIB di salah satu ruas jaringan transmisi 150 kV.

Akibat kerusakan itu, listrik di Batam dan Bintan mengalami blackout.

“Pemadaman terjadi diakibatkan gangguan sistem kelistrikan di kota Batam yang disambar petir, sehingga listrik mati total,” ujarnya.

Awaluddin pun menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Batam dan Bintan atas padamnya listrik tersebut.

“Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, atas ketidaknyamanan ini,” katanya.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin