Home Kepulauan Riau Batam Hari Bakti ke-50, BP Batam Adakan Kompetisi Fotografi

Hari Bakti ke-50, BP Batam Adakan Kompetisi Fotografi

65
Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait. (F: Barakata.id/Ist)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Dalam rangka menperingati Hari Bakti ke-50, Badan Pengusahaan (BP) Batam mengadakan kompetisi fotografi.

Kompetisi yang digelar melalui Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam ini bisa diikuti oleh masyarakat umum.


Tema yang diangkat dalam kompetisi fotografi ini adalah infrastruktur. Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait mengatakan tema itu diambil karena BP Batam telah membangun Kota Batam sejak 26 Oktober 1971. Sejak saat itu, tanggal, bulan dan tahun tersebut dikenal sebagai Hari Bakti BP Batam.

Baca Juga:

“Tujuan diadakannya kompetisi fotografi ini untuk memeriahkan Hari Bakti BP Batam ke 50 tahun melalui kaca mata masyarakat Batam terhadap infrastruktur yang tersedia, serta menampilkan hasil karya BP Batam terhadap perkembangan pembangunan kini,” ujarnya.

Menurut dia, dengan diadakannya kompetisi fotografi ini dapat menjadi sarana dalam menumbuhkan bibit-bibit baru serta mengembangkan kreatibitas masyarakat Batam dalam dunia fotografi.

“Kegiatan ini juga dapat secara langsung dan tidak langsung memperkenalkan berbagai perkembangan infrastruktur Batam kepada masyarakat luas”, kata Ariastuty Sirait.

Dia mengajak masyarakat Batam untuk mengikuti kompetisi ini sehimgga Hari Bakti BP Batam semakin meriah.

Kompetisi fotografi ini akan berlangsung selama 30 hari, terhitung mulai 20 September sampai 20 Oktober 2021. Sedangkan penjurian akan dilakukan pada 21 sampai 25 Oktober 2021. Sedangkan pengumuman pemenang lomba dapat dilihat melalui akun instagram @bpbatam tanggal 26 Oktober 2021.

Tuty mengatakan, kompetisi ini terbagi dalam tiga kategori, yakni foto menggunakan drone, Digitak Single Lens Reflex (DSLR) dan smartphone.

Dari setiap kategori akan dipilih pemenang 1, 2 dan 3 dengan hadiah masing-masing untuk kategori kamera drone dan DSLR, juara 1 Rp7 juta, juara 2 Rp4 juta dan juara 3 hadiahnya uang Rp3 juta. Sementara itu untuk kategori smartphone berhadiah uang tunai untuk juara 1 Rp3 juta, juara 2 Rp2 juta dan juara 3 Rp1 juta.

Sedangkan pemenang favorit akan mendapatkan uang tunai Rp500 ribu. Pemenang favorit ini dambil 5 pemenang dari masing-masing kategori.

Seluruh foto yang dikirimkan akan menjadi hak milik BP Batam dan akan digunakan untuk promosi Batam ke depannya.

Dibandingkan di tahun-tahun sebelumnya, kompetisi fotografi ini dilaksanakan lebih lama yakni satu bulan. Menurut Tuty hal ini karena pelaksanaan lomba saat ini dalam situasi pandemi Covid-19 dan mengurangi intensitas pertemuan peserta dalam jumlah banyak.

Setiap peserta wajib follow akun Instagram @bpbatam dan mengisi formulir pendaftaran pada link http://bit.ly/lombafotobpbatam.

Baca Juga:

Peserta boleh mengirimkan paling banyak 3 karya foto per kategori. Setiap karya foto yang diikutsertakan untuk lomba merupakan karya asli dan milik sendiri, tidak direkayasa, belum pernah meraih penghargaan apapun.

Peserta dilarang mengirimkan karya foto yang mengundang unsur pornografi, sadisme, dan SARA serta yang bertentangan dengan nilai-nilai kesusilaan.

Beberapa infrastruktur yang dapat menjadi objek kompetisi fotografi di antaranya Kantor BP Batam, Jalan Raya berupa jalan arteri, jalan kolektor dan jalan lokal, Bandara Hang Nadim, RSBP Batam, Mal Pelayanan Publik, Kawasan Taman Rusa, Kawasan Asrama Haji dan lain-lain. (asrul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin