Home Urban Ekonomi

Harga Terbaru BBM Subsidi dan Non Subsidi

37
Polisi awasi SPBU
Petugas Polsek Lubuk Baja saat menyambangi salah satu SPBU di kawasan Lubuk Baja. F Humas Polresta Barelang.
artikel perempuan

Barakata.id, Jakarta – Pemerintah resmi menaikan harga BBM mulai Sabtu (3/9/2022) mulai pukul 14.30. Ada tiga jenis BBM yang mengalami kenaikan. Hal ini disampaikan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif. 

“Penyesuain harga dan akan berlaku pada 14.30 WIB,” kata Arifin, Sabtu (3/92022). 

Bahan bakar minyak jenis Pertalite dari Rp7.650 per liternya naik menjadi Rp10 ribu per liternya. Sedangkan, bahan bakar minyak jenis solar naik dari Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter. 

Baca juga : BBM Resmi Naik Pertalite Menjadi Rp10 ribu per Liter

Bahan bakar minyak non subsidi yang naik hanya pertamax, dari Rp12.500 per liter menjadi Rp14.500 per liter. 

Sebelumnya, disampaikan Presiden Jokowi kenaikan harga BBM ini adalah keputusan yang sulit dan pilihan terakhir.

Demi meringankan beban masyarakat, pemerintah menyiapkan anggaran Rp12,4 triliun untuk diberikan ke 20,65 juta keluarga masuk kategori kurang mampu. 

Nantinya, setiap bulan masyarakat akan menerima uang sebesar Rp250 ribu per bulannya. BLT BBM Subsidi ini akan diberikan mulai dari September, Oktober, November dan Desember. 

Baca juga : Polisi Pantau SPBU Antisipasi Kelangkaan BBM

Pemerintah juga memberikan subsidi terhadap 16juta pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta perbulannya. Subsidi yang dikeluarkan sebanyak Rp9,6 triliun, per orangnya tiap pekerja menerima Rp600 ribu. 

“Pemerintah daerah menyediakan 2 persen dari dana transfer umum, untuk bantuan angkutan umum, ojek online dan nelayan,” ujar Jokowi. 

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin