Home Batam Hadapi Puncak Arus Mudik, Ditpam BP Batam Tingkatkan Keamanan Pelabuhan

Hadapi Puncak Arus Mudik, Ditpam BP Batam Tingkatkan Keamanan Pelabuhan

1
Ditpam BP Batam
Ditpam BP Batam meningkatkan pengamanan pelabuhan menghadapi arus mudik Lebaran yang diprediksi masih berlangsung hingga 19 April 2023. (F: barakata.id)
DPRD Batam

Barakata.id, Batam – Keamanan pelabuhan menjadi atensi serius Direktorat Pengamanan (Ditpam) BP Batam pada puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, yang diprediksi masih berlangsung sampai 19 April 2023.

Kepala Subdit Pengamanan Aset dan Objek Vital Ditpam BP Batam, AKBP S.A. Kurniawan mengatakan, pihaknya berupaya untuk menciptakan situasi kondusif bagi pemudik yang menggunakan jasa transportasi laut.

artikel perempuan

“Tujuan kita adalah kenyamanan dan ketertiban di area kedatangan dan keberangkatan penumpang Kapal Pelni, termasuk pelabuhan penumpang di Punggur dan Sekupang,” tegas Kurniawan di Batam, Selasa (18/3/23).

BACA JUGA : BP Batam Dirikan Posko Angkutan Lebaran 2023 di 5 Pelabuhan

Bukan tanpa alasan, lanjut Kurniawan, arus penumpang bakal terus meningkat. Khususnya di Pelabuhan Batu Ampar.

Pasalnya, hampir 3.000 pemudik asal Batam tujuan Belawan berangkat dari pelabuhan tersebut sejak beberapa hari terakhir.

“Pagi ini saja kurang lebih tiga ribu orang. Ini hampir mendekati titik puncak arus mudik,” kata dia.

Di sisi lain, keberhasilan Ditpam BP Batam dalam menjaga situasi kondusif pelabuhan mendapat apresiasi tersendiri dari sejumlah pihak. Salah satunya adalah Ombudsman Perwakilan Provinsi Kepri.

Dalam menghadapi puncak arus mudik lebaran, Ombudsman Perwakilan Provinsi Kepri turut memantau langsung situasi di Pelabuhan Batu Ampar.

“Ombudsman Kepri datang untuk memantau arus mudik Pelni. Mereka ikut mengapresiasi pengamanan Pelabuhan Batu Ampar,” ujarnya.

BACA JUGA : Penumpang Pesawat Bandara Hang Nadim Batam Naik 47 Persen

Untuk diketahui, Ditpam BP Batam juga ikut serta dalam menggagalkan penyelundupan ratusan telepon genggam (handphone) bekas oleh oknum tak bertanggung jawab di Pelabuhan Batu Ampar kemarin, Senin (17/4/23).

Dua orang pelaku berhasil ditangkap dan diserahkan ke pihak berwajib.

Kurniawan menjelaskan, dua orang tersebut memanfaatkan tingginya lonjakan arus mudik di Pelabuhan Batu Ampar.

“Pelaku mengaku sebagai penumpang KM Kelud. Ada 105 HP bekas dengan berbagai merek. Inilah hal yang patut diwaspadai, memanfaatkan tingginya volume pemudik. Jadi kami berkomitmen untuk memperketat pengamanan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur BUP BP Batam, Dendi Gustinandar mengatakan, pihaknya mendirikan Posko Lebaran di lima titik pelabuhan di Batam untuk melayani mudik Lebaran tahun ini.

Untuk Posko Angkutan Laut 2023 berada di Pelabuhan Batu Ampar; Pelabuhan Sekupang dan Pelabuhan Telaga Punggur didirikan oleh BP Batam. Sementara untuk di Pelabuhan Internasional Batam Center dan Pabuhan Harbourbay disiapkan oleh pihak pengelola pelabuhan. (DN)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!