Home Kepulauan Riau Bintan

Hadapi Corona, Bupati Bintan: Jaga Kesehatan dan Jangan Panik

33
RSUD Bintan
Seorang perawat di RSUD Bintan menunjukkan cara mencuci tangan kepada seorang pengunjung rumah sakit itu, Jumat (6/3/20). (F: Dok. Pemkab Bintan)

Barakata.id, Bintan – Bupati Bintan, Apri Sujadi mengajak warga Bintan agar selalu menjaga kesehatan agar sistem kekebalan tubuh tetap baik dalam menangkal segala macam virus pembawa penyakit. Ia juga meminta warga Bintan tidak panik dan tetap tenang menghadapi maraknya informasi tentang virus corona.

Apri mengatakan, saat ini pembicaraan tentang virus corona memang sudah menjadi santapan masyarakat dunia setiap hari, bukan hanya di Kabupaten Bintan. Sebagian besar masyarakat memang ada yang menganggap virus asal Wuhan, Cina itu sebagai momok yang menakutkan.

Menyikapi itu, ia mengajak masyarakat Bintan untuk tetap tenang, tapi tetap waspada. Yang penting, kata Apri, kesehatan dijaga dengan menerapkan pola hidup sehat.

Baca Juga :
Bupati Minta Diskominfo dan Dinkes Bintan Gencar Sosialisasi Risiko Corona

Ia pun mengingatkan warga Bintan untuk tidak ikut-ikutan memborong berbagai keperluan sehari-hari secara berlebihan, termasuk masker.

“Lakukan aktivitas seperti biasa saja, tetap tenang dan jangan panik. Hal yang paling penting adalah menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh,” katanya di Bintan, Jumat (6/3/20).

Apri mengatakan, ia sudah meminta Dinas Kesehatan melalui petugas-petugas medis yang tersebar di Puskesmas dan RSUD di Bintan agar terus melakukan sosialisasi terkait risiko virus corona serta cara-cara mencegah penyebarannya.

Petugas medis harus jemput bola dengan tatap muka langsung, mengajak masyarakat agar menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang akan memproteksi risiko penularan infeksi Corona Virus Disease (Covid-19) bagi masyarakat Kabupaten Bintan.

“Sosialisasi, pentingnya hidup bersih dan waspada terhadap risiko penularan infeksi virus corona, harus dilakukan petugas medis secara langsung kepada masyarakat. Dengan demikian, masyarakat memahami tentang PHBS sehari-hari,” ujarnya.

Hadapi Corona
Seorang perawat di RSUD Bintan menunjukkan cara-cara mencui tangan dengan benar kepada pengunjung rumah sakit itu, Jumat (6/3/20). Pemkab Bintan kini gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat soal kiat-kiat menghadapi virus corona. (F: Dok. Pemkab Bintan)

Terpisah, Direktur RSUD Bintan, dr Beni menuturkan, saat ini pihaknya memang sedang gencar melakukan sosialisasi tatap muka langsung dengan masyarakat terkait PHBS. Begitu juga dengan para pengunjung RSUD Bintan.

Ia mengatakan, masyarakat tentunya juga harus memiliki pengetahuan yang benar meskipun hal-hal kecil dikehidupan sehari-hari seperti batuk maupun soal cara-cara cuci tangan yang benar.

“Ini penting, karena sesungguhnya PHBS itulah yang memproteksi dan mencegah tersebarnya virus yang berbahaya di kehidupan kita,” kata dia.

*****

Penulis : Erha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin