Home Warta Nusantara

Habib Rizieq Resmi Tersangka, Polisi Akan Jemput Paksa

1012
Habib Rizieq Tersangka
Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab menyampaikan ceramah pada acara peringatan Maulid Nabi SAW di markas FPI, Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/20). (F: Youtube Front TV)

Barakata.id, Jakarta – Habib Rizieq Shihab ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya. Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu dinyatakan melanggar pidana dalam peritiwa kerumunan di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Selain Rizieq, polisi juga menetapkan tersangka lain dalam kasus serupa. Mereka adalah, Ketua Panitia acara Haris Ubaidillah, Sekretaris Panitia A, penanggung jawab keamanan berinisial MS, Sobri Lubis selaku penanggung jawab acara, dan Habib Idrus kepala seksi acara.

“Pertama penyelenggara saudara MRS di pasal 160 dan Pasal 216, kedua ketua panitia HU, sekretaris panitia A, keempat MS penanggung jawab kemanan, kelima SL penanggung jawab acara, dan HI kepala seksi acara,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (10/12/20).

Baca Juga :

MRS merupakan inisial nama dari Muhammad Rizieq Shihab. Sedangkan inisial HU adalah Haris Ubaidillah, dan SL adalah Sobri Lubis.

Yusri mengatakan, polisi menjerat mereka dengan Pasal 160 KUHP tentang menghasut masyarakat supaya melakukan perbuatan pidana sehingga terjadi kedaruratan kesehatan di masyarakat dan Pasal 216 KUHP.

“Polri dalam hal ini akan mengenakan upaya paksa yang dimilik, seperti penahanan dan penjemputan paksa,” ujar dia.

Yusri menjelaskan, pihaknya telah melakukan gelar perkara pada 8 Desember 2020. Hasilnya, penyidik menemukan bukti kerumunan tersebut melanggar pidana.

Polisi akan jemput paksa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin