Home Warta Nusantara

Gunung Sinabung Meletus Lagi, Kelima di Hari Ini

161
Gunung Sinabung Meletus
Gunung Sinabung kembali meletus dan memuntahkan abu vulkanik. (F: BPBD Kabupaten Karo)

Barakata.id- Gunung Sinabung meletus lagi. Erupsi ini merupakan kelima dalam hari ini. Aktivitas Gunung Sinabung memang kembali tinggi sejak Sabtu, 8 Agustus kemarin.

Informasi mengenai letusan kelima Gunung Sinabung ini dibagikan dalam laporan resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Terjadi erupsi Gunung Sinabung pada hari Kamis, 13 Agustus 2020, pukul 15.41 WIB. Visual letusan tidak teramati,” tulis Kementerian ESDM, Kamis (13/8/20).

Baca Juga:
Berstatus Siaga, Pagi Ini Gunung Sinabung Erupsi Lagi

Sebelumnya di hari ini gunung berapi yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini meletus pada pukul 06.07 WIB, lalu pada pukul 08.02 WIB, selanjutnya pukul 08.31 WIB, dan letusan keempat pada pukul 13.08.

Gunung Sinabung saat ini berada pada level III atau siaga. Warga yang ada di kawasan sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung diminta waspada terhadap lahar dingin.

“Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” tulis Kementerian ESDM.

Baca Juga:
Gunung Anak Krakatau Meletus, Warga Diminta Menjauh Radius 2 Km

Selain itu, warga diminta selalu menggunakan masker guna mencegah gangguan kesehatan akibat hujan abu vulkanik. Warga juga dilarang beraktivitas dalam radius 5 km.

Masyarakat dan pengunjung juga tak diperkenankan melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi. Masyakat juga tak boleh berada dalam radius radial 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung, serta radius
sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur dan 4 Km untuk sektor timur-utara.

Dalam laporan tersebut Kementerian ESDM tak menginformasikan adanya korban jiwa akibat letusan gunung tersebut. Namun, seperti letusan-letusan sebelumnya abu vulkanik menyebar sampai ke radius yang cukup jauh. Hal ini mengakibatkan perkebunan warga rusak.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin