Gunakan Anggaran DBHCHT, Disperdagin Kota Blitar Diperuntukan Untuk Sosialisasi Cukai

Disperdagin Kota Blitar
Sekretaris Disperdagin Kota Blitar, Jito Baskoro. (foto: istimewa).
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Blitar – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Blitar, akan melakukan sosialisasi regulasi terkait cukai, menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

“Ini sosialisasinya direncanakan bakal dilaksanakan pada awal bulan Desember,” kata Sekretaris Disperdagin Kota Blitar, Jito Baskoro saat ditemui di ruangannya, Jum’at (19/11/2021).

Sedangkan untuk durasi pelaksanaan sosialisasi, kata dia, akan dilaksanakan selama tiga hari. Bertempat di tiga titik kecamatan yang ada di Kota Blitar: Sananwetan, Kepanjen Kidul, dan Sukorejo.

Baca juga : RSUD Mardi Waluyo Blitar, Manfaatkan DBHCHT Untuk Pembelian Mesin X-Ray Pasien Covid-19

Narasumber yang akan memberikan pemaparan materi terkait dengan aturan cukai merupakan perwakilan dari kantor bea cukai. Dengan sasaran para pedagang rokok yang ada di Kota Blitar.

Baskoro menjelaskan, nantinya pada saat sosialisasi kepada pedagang rokok, mereka akan diberikan pemahaman terkait rokok yang sesuai aturan. Artinya, rokok yang ada pita cukainya.

Selain memberikan sosialisasi terkait aturan cukai, pihaknya juga akan memberikan paket bantuan kepada para pedagang. Hal itu untuk meringankan beban yang ditanggung para pedagang.

Baca juga : Disparbud Kota Blitar Alokasikan DBHCHT Untuk Gempur Peredaran Rokok Ilegal

“Ini dari dampak pandemi, kita akan memberi bantuan sembako bagi para pedagang yang berjualan,” lanjutnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan sosialisasi cukai merupakan penerapan dari Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK-206/PMK.07/2021 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT)

Dalam peraturan tersebut, prioritas penggunaan DBHCHT sendiri dibagi mejadi tiga bagian yaitu kesejahteraan masyarakat dengan porsi 50 persen, penegakkan hukum dengan porsi 25%, dan kesehatan dengan porsi 25 persen. (adv/jun)

SebelumnyaDBHCHT 2021 di Satpol PP Kota Blitar Untuk Gakum dan Bantuan Sembako
SelanjutnyaHore, 11 Kecamatan di Batam Sudah Zona Hijau

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin