Home Kepulauan Riau

Gubernur Kepri Yakin Ekonomi Tumbuh 5 Persen

Ekonomi Kepri
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad meninjau proyek pembangunan Jalan Selayang Pandang di Tarempa, Anambas, Senin (5/4/21). (F: Kominfo Kepri)

Barakata.id, Anambas – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad yakin pertumbuhan ekonomi Kepri tahun ini bisa mencapai lima persen. Meski saat ini masih minus 3,8%, tapi ia optimistis ekonomi Kepri bakal bangkit.

“Bahkan Bappenas pun optimistis dengan pertumbuhan ekonomi kita, bisa sampai 5,6 persen dengan berbagai kebijakan yang dibantu oleh pemerintah pusat. Tugas kita adalah, bagaimana menjaga kondusivitas dunia usaha dan menekan Covid-19 seminimal mungkin di Kepri,” katanya Ansar saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kepulauan Anambas di Tarempa, Minggu (4/4/21) malam.

Agar capaian pertumbuhan itu terealisasi, Ansar Ahmad menyatakan komitmennya untuk bekerja serius dan maksimal dalam membangun Provinsi Kepri.

BACA JUGA : Ansar dan Marlin Bangun Kepri dengan Kencangkan Ikat Pinggang

“Kita tengah menyiapkan berbagai program dalam rangka menyongsong Kepri yang maju. Tentu semua harus dijemput dengan kerja yang serius dan terukur,” kata dia.

Ansar juga mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas yang akan membuat peraturan daerah tentang investasi. Namun, ia berharap agar Perda tersebut juga berisi muatan tentang relaksasi bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di Anambas.

Ansar menekankan bahwa setiap daerah di Kepri harus terus mempertajam program yang mendorong produk domestik regional bruto (PDRB) semakin meningkat.

“Jaga faktor-faktor yang mendorong PDRB. Dijaga agar tidak kontraksi sehingga pertumbuhan ekonomi Kepri kembali membaik. Kita yakin tahun ini ekonomi Kepri bakal lebih dari 3 persen,” ujar mantan Bupati Bintan dua periode itu.

BACA JUGA : Ansar: Pariwisata Lesu, Ekonomi Kepri Minus

Akhir bulan lalu, Ansar menyatakan bahwa dirinya akan sering menjemput bola ke pemerintah pusat di Jakarta supaya dapat menggesa pembangunan di seluruh wilayah Kepri. Ia ingin memastikan bahwa setiap program-program kegiatan strategis Pemprov Kepri tetap berjalan baik.

“Kita kawal terus setiap rencana pembangunan strategis yang dari pusat. Jangan sampai kegiatan pembangunan yang kita terima tidak dapat berjalan baik,” tegas Ansar seperti dikutip kominfo.kepriprov.go.id.

Ansar yakin, dengan semakin sering ia menggedor pintu kementerian, maka pembangunan beberapa kegiatan strategis Provinsi Kepri dapat segera terlaksana. Menurut dia, kegiatan strategis tersebut sangat penting untuk mempercepat upaya pemulihan ekonomi Kepri.

“Pandemi Covid-19 ini memang membuat ekonomi kita terpuruk. Tapi kita harus terus bekerja, ekonomi kita harus dibangkitkan. Salah satunya dengan melaksanakan proyek-proyek strategis agar roda perekonomian masyarakat ikut bergerak,” kata Gubernur Kepri.

BACA JUGA : Ansar-Marlin Usung 7 Aksi Ekonomi untuk Kepri Sejahtera

Mengapa ia harus rajin menjemput bola ke Jakarta, menurut Ansar jika itu tidak dilakukan, ia khawatir rencana kegiatan strategis Pemprov Kepri yang sudah dirancang bakal lamban terlaksana.

Karena itu, ia ingin mengawal setiap kegiatan strategis Kepri ke pusat agar juga mendapat perhatian prioritas dari kementerian.

“Saya berinisiatif untuk sering-sering menjemput bola ke kementerian. Setiap kegiatan kita harus dikawal agar bisa segera terealisasi,” pungkasnya.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin