Home Kepulauan Riau

Gubernur Kepri Ansar Ahmad Terima Anugerah Sahabat Pers Indonesia dari SMSI

9
Gubernur Kepri
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menerima anugerah Sahabat Pers Indonesia dari Ketum SMSI Firdaus di Hotel Aston, Tanjungpinang, Selasa (29/3/22) malam. (F: barakata.id)

Barakata.id, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menerima anugerah Sahabat Pers Indonesia dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). Bukan hanya akrab dengan insan pers, Ansar juga dinilai aktif ikut mendorong perkembangan media siber/online di Kepri.

Sebelumnya, Dewan Pers pun sudah menyematkan penghargaan bagi Ansar Ahmad karena Indeks Kemerdekaan Pers di Provinsi Kepri tercatat sebagai yang terbaik di Indonesia.

Anugerah Sahabat Pers Indonesia diterima Gubernur Kepri di malam pelantikan pengurus cabang SMSI Kepri di Hotel Aston, Tanjungpinang, Selasa (29/3/22) malam. Selain pengurus tingkat provinsi, malam itu juga dilakukan pelantikan pengurus SMSI kabupaten dan kota di Kepri, termasuk kepengurusan exoficio SMSI Kota Tanjungpinang.

“Anugerah ini saya dedikasikan untuk seluruh masyarakat Kepri khususnya para insan pers. Tujuannya agar pembangunan dan potensi di Kepri terus tersosialisasikan hingga pertumbuhan ekonomi akan lebih capat bangkit,” kata Ansar ketika menerima Anugerah Sahabat Pers Indonesia dari Ketua Umum SMSI Pusat, Firdaus.

BACA JUGA : Sah, SMSI Batam Terbentuk, Siap Menjalankan Amanat Organisasi

Ansar mengatakan, Kepri memiliki 2.480 pulau dengan luas wilayah lautan sebesar 94 persen lautan dan 4 persen daratan. Dengan kondisi geografis seperti itu, peran media siber sangat efektif dalam penyampaian informasi.

“SMSI ini adalah mitra strategis kita karena untuk kemajuan suatu daerah adalah media, satu problem terbesar adalah jaringan internet di Pulau terdepan. Untuk mendukung fasilitas internet, kita tahun ini dibangun 76 tower seluler di Kepri termasuk di daerah terpencil dan daerah terluar,” kata dia.

Adapun Firdaus menyebutkan, Anugerah Sahabat Pers Indonesia diberikan kepada Ansar Ahmad berdasar keputusan pleno pada saat Rapimnas SMSI beberapa waktu lalu. Menurut SMSI, kata Firdaus, sebagai Gubernur Kepri, Ansar dipandang cukup peduli dengan perkembangan pers di daerah tersebut.

“Pemerintah daerah dengan pers memang sudah selayaknya bermitra, dalam segala hal demi peningkatkan perekonomian daerah yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut. Dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad selama ini sudah sangat baik melakukannya,” kata dia.

Kata Firdaus, Kepri memiliki potensi perekonomian yang luar biasa. Baik dari sektor investasi, budaya kariwisata, kemaritiman dan banyak lagi. Semua potensi tersebut dapat tereksplorasi dengan baik dan mendunia jika ada campur tangan pers.

“Tentu saja, peran pers juga bukan hanya menyanjung pemerintah atau kepala daerah, tapi juga mengawal pembangunan. Kalau ada yang melenceng, tetap harus diingatkan,” ujarnya.

BACA JUGA : Puluhan Media Siber di Kepri Antar SMSI Raih Penghargaan Muri

Sementara itu, Ketua SMSI Kepri, Zakmi Kamsir mengatakan, pelantikan pengurus SMSI Kepri dan kabupaten kota di Kepri sebenarnya sudah dijadwalkan sejak tahun 2020. Namun, kondisi pandemi yang terjadi di tanah air membuat para pengurus yang sudah dipilih menahan diri untuk tidak membuat acara kumpul-kumpul.

“Kepengurusan SMSI Cabang ini periodenya dari 2020 hingga 2025. Hanya saja, karena kondisi pandemi Covid-19 yang melanda sejak dua tahun terakhir ini, pelantikan baru bisa digelar saat ini. Selamat buat semua pengurus yang dilantik, semoga selalu kompak,” kata Zakmi.

Di depan Gubernur Kepri dan Ketum SMSI Pusat, Zakmi pun menyampaikan harapannya agar penyelenggaraan Rakornas SMSI tahun ini bisa digelar di Kepri. Menurut dia, jika kegiatan nasional itu bisa dilaksanakan di Kepri, maka semua potensi unggulan di Kepri bisa viral dan harapannya dapat membawa dampak positif bagi perekonomian Kepri.

“Kalau semua pengusaha media di Indonesia hadir di Kepri, bisa kita bayangkan betapa viralnya objek-objek wisata dan budaya di Kepri. Begitu juga sektor lainnya. Itu adalah kesempatan besar bagi pemerintah daerah untuk mempromosikan keunggulan daerahnya,” kata dia.

Zakmi menyebutkan, jumlah anggota SMSI di Kepri saat ini mencapai 129 perusahaan sementara total jumlah anggota SMSI di Indonesia mencapai 1.726 perusahaan. Karena jumlah itu pula, SMSI dinobatkan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai organisasi perusahaan media terbesar di dunia.
“Hingga ini bisa membuat SMSI sebagai organisasi yang tepat untuk diajak bermitra karena semua program yang direncanakan akan tersosialisasikan dengan baik ke pembaca-pembaca media siber,” katanya.

Untuk diketahui, berikut para ketua SMSI di Kepri:

SMSI Cabang Provinsi Kepri dijabat oleh Zakmi Kamsir. Sedangkan untuk ketua SMSI Kota Batam Indra Helmi, Kabupaten Bintan Ramdan, Kabupaten Kepulauan Anambas Asril Masbah, Kabupaten Karimun Hamdani, Kabupaten Lingga Kasmadi, Kabupaten Natuna Rianto Saud dan Kota Tanjungpinang Devianti Nur.

Selain Gubernur Ansar, acara pelantikan itu juga dihadiri Danrem 033 Wira Pratama Brigjen Ramos Manalu, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Harry Goldenhart, Kadis Kominfo Provinsi Kepri Hasan S.sos, Plt Kadis Kominfo Bintan, Hendrio, perwakilan Kajati Kepri serta utusan dari organisasi-organisasi konstituen Dewan Pers. (ybt)

Dapatkan update berita setiap hari di Barakata.id. Yok! bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA, kemudian join. Juga ikuti Barakata.id di Google Berita. Lihat selengkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin