Home Kepulauan Riau

Gubernur Isdianto Pastikan KM Bahtera Nusantara 01 Layani Midai dan Subi

30
KM Bahtera Nusantara
Gubernur Kepri, Isdianto memastikan KM Bahtera Nusantara siap melayani rute pelayaran ke Midai dan sekitarnya.

Barakata.id, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Isdianto, Minggu (6/12/20), mengecek kondisi kapal Roro KM Bahtera Nusantara 01 yang terkena badai saat berlayar dari Pelabuhan Mentigi, Tanjung Uban menuju Kabupaten Natuna.

Didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Junaidi, Isdianto memantau langsung kondisi kapal yang Gros Tone 1500 dengan kapasitas 400 penumpang itu.

Di sela-sela memantau kondisi kapal, Isdianto mengatakan pada Januari 2021 mendatang, kapal KM Bahtera Nusantara 01 akan melayani dua rute baru yaitu Kecamatan Midai dan Kecamatan Subi Kabupaten Natuna.

Hal itu kata Isdianto, sesuai dengan keinginan masyarakat setempat yang menginginkan kapal Roro tersebut melayani kedua daerah itu.

“Waktu kita kunjungan kerja ke sana, masyarakat Midai dan Subi meminta agar kapal Roro dapat masuk ke wilayah mereka. Kemudian, permintaan mereka saya teruskan ke Kementrian Perhubungan. Dan Alhamdulillah pihak kementerian menyetujui kapal ini (KM Bahtera Nusantara 01) masuk ke Midai dan Subi,” ujar Isdianto di ruang nakhoda KM Bahtera Nusantara 01, Minggu (6/12/20).

Baca Juga :

Penambahan rute itu, lanjut adik kandung mantan Gubernur Kepri almarhum Muhammad Sani itu, sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat nomor: KP.4978/AJ.204/DRJD/2020 yang ditandangani oleh Budi Setyadi.

“Seharusnya, kapal ini sudah mulai masuk kesana pada Desember ini. Namun, karena berhubung gelombang kuat, maka kita tunda sampai Januari 2021. Kita tidak ingin, kapal ini tetap berlayar namun bisa mengakibatkan resiko yang tidak diinginkan,” kata mantan Kepala Dinas Pendapatan (Dispenda) Provinsi Kepri itu.

Maka, dari itu Isdianto meminta agar masyarakat Midai dan Subi tetap bersabar hingga cuaca membaik.

“Kami mohon maaf sekiranya kapal ini tertunda berlayar. Kita utamakan faktor keselamatan terlebih dahulu. Kami harap masyarakat Midai dan Subi dapat mengerti keadaan ini,” pungkas Isdianto.

Sebelumnya diketahui KM Bahtera Nusantara 01 melayani rute pelayaran dari Tanjung Uban – Matak – Penagih – Serasan – Tambelan dan Sintete, Kalimantan Barat. Namun, untuk 2021 kapal ini menambah dua rute yaitu Midai dan Subi.

*****

Editor : R Situmorang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin