Home Nusantara Jatim

Gubenur Jatim Resmikan MPP di Magetan, Ini Bentuk Reformasi Birokrasi

Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) H. Tjahjo Kumolo, meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di pasar baru Magetan, pada Senin (5/4/2021). Foto : Istimewa/Kominfo.

Barakata.id, Magetan (Jatim) – Setalah selama setahun diuji coba, akhirnya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, meresmikan mal pelayanan publik (MPP) di Kabupaten Magetan, Senin (5/4/2021).

Gubernur berharap mal pelayanan publik yang terletak di gedung Pasar Baru Magetan ini semakin memudahkan masyarakat Magetan dan sekitarnya, dan memberikan pelayanan yang cepat, transparan, efisien, dan efektif, serta dapat mempercepat pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 dengan kemudahan izin berusaha.

“Dengan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) terlengkap di Jatim, masyarakat dapat mencetak dokumen kependudukan secara mandiri dengan terlebih dahulu melakukan registrasi di kantor Dispendukcapil, salah satunya cetak e-KTP. Bahkan, kode Qris sudah dijalankan di sini. Proses retrubusi juga sudah chassless,” ungkap mantan Mentri Sosial ini.

Baca Juga : Program Sentra Vaksinasi Lansia dari Kementrian BUMN, Targetkan 5000 Orang Per Hari

Kemudian, Gubenur Khofifah menjelaskan, cukup dengan mendaftarkan diri ke kantor Dispendukcapil, lalu mendapatkan pin atau QR code, selanjutnya discan pada ADM, warga bisa mencetak sendiri KTP-el, KK, KIA, akta kelahiran, akta kematian dan  surat pindah lewat mesin ADM tersebut.

“Syaratnya hanya mendaftarkan nomor HP dan alamat email, dengan begitu warga yang memerlukan administrasi kependudukan (Adminduk) tidak perlu lagi antri cetak di kantor Dispendukcapil,” tandasnya.

Sementara, MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo menuturkan, bahwa MPP tidak harus didirikan diatas bangunan yang baru. Yang terpenting kata dia, manfaatnya dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

Baca Juga : Kegiatan Persemi di City Forest and Farm Jember, Gubenur Jatim : Ini Menjadi Referensi Pramuka Indonesia

Ia juga menyampaikan, Mal Pelayanan Publik adalah salah satu komitmen amanah seorang kepala daerah untuk menyerap aspirasi masyarakat dalam bentuk reformasi birokrasi.

“Regulasinya, MPP ini adalah salah satu bentuk reformasi birokrasi layanan yang akan terus berkembang dengan inovasi yang baik, sehingga mempercepat proses administrasi. Ini merupakan salah satu visi misi menyangkut reformasi birokrasi,” tandasnya.

Penulis : Achmad Zunaidi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin