Home Ekonomi UKM

GoFood Pastikan Mitra UMKM Aman Lewat Aplikasi GoBiz

49
Mitra UMKM kuliner di GoFood diminta mempelajari kemanan digitalnya lewat aplikasi GoBiz. (F: Barakata.id/Asrul R)

Barakata.id- GoFood pastikan mitra UMKM nya aman dari penipuan berbasis rekayasa sosial dengan aplikasi GoBiz. Untuk itu Gojek konsisten meningkatkan kompetensi keamanan digital para mitra Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Head of Merchant Platform Business Gojek, Novi Tandjung mengatakan peningkatan kompetensi itu dilakukan dengan menyematkan berbagai fitur keamanan pada aplikasi GoBiz.

“Aplikasi GoBiz ini telah menjadi andalan mitra GoFood untuk mengelola bisnis mereka,” kata Novi, dalam rilisnya yang diterima Barakata.id, Jumat (28/8/20).

Baca Juga:
Gojek Tunjuk Mantan Direktur Software Amazon Jadi CTO

Beberapa fitur keamanan yang dapat diakses melalui aplikasi itu diantaranya verifikasi PIN validasi terhadap driver yang mengambil pesanan, fitur pengaturan pesan pengguna untuk akses pemilik, manajer dan kasir. Serta fitur konfirmasi sebagai pemilik untuk verifikasi kepemilikan data sebagai pemilik outlet.

Berbagai fitur itu membuat informasi data sensitif dan akses fitur premium hanya dapat diakses oleh pemilik outlet.

“Semua ini dilakukan agar para mitra usaha dapat menjalankan bisnis dengan aman, dan mampu terus bertumbuh serta #MelajuBersamaGojek‚ÄĚ, terang Novi.

Novi menyebutkan, Gojek menyadari pentingnya edukasi ini secara berkesinambungan. Hal itu menyusul semakin banyaknya UMKM yang merambah teknologi digital untuk mengembangkan usahanya di masa pandemi.

Gojek mencatat lebih dari 120 ribu UMKM mendorong bisnisnya ke ranah digital dengan bergabung lewat program #MelajuBersamaGojek.

Kerahasiaan data usaha dan data pribadi juga menjadi topik yang terus didorong oleh GoFood kepada mitra UMKM kuliner melalui berbagai kanal. Mulai dari aplikasi GoBiz, situs resmi gobiz.co.id, media sosial dan Komunitas Partner GoFood (Kompag).

Baca Juga:
Gojek PHK 430 Karyawan Akibat Pandemi

“Kompetensi keamanan digital yang baik ini jadi kunci utama untuk melindungi diri daat dihadapkan dengan penipuan teknik rekayasa sosial atau sering disebut manipulasi psikologis. Modus penipuan ini sedang tren sekarang,” tutur Novi.

Mitra UMKM kuliner diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap penawaran bantuan menjadi mitra GoFood atau pencairan dana usaha dengan proses manual. Sebab, pihak Gojek maupun GoFood tak pernah meminta data tambahan di luar kanal resmi atau biaya khusus untuk proses regular tersebut.

Bahkan lewat aplikasi GoBiz, mitra usaha dapat mendaftar secara mandiri, status reigstrasi dan aktivasi dapat dipantau langsung melalui apikasi.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin