Home Kepulauan Riau Batam

Gencar Bangun Infrastruktur, BP Batam Raih Penghargaan Bisnis Indonesia

13
BP Batam
Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto menerima penghargaan BIA untuk BP Batam di The Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Senin (15/8/22). (F: barakata.id/ist)
artikel perempuan

Barakata.id, Batam – Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) meraih penghargaan di ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2022 untuk kategori Innovative Infrastructure Development Approach for Regional Economic Growth. Penghargaan itu diterima oleh Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto di The Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Senin (15/8/22).

Acara penyerahan penghargaan juga menghadirkan pembicara utama yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang untuk memberikan overview update kondisi ekonomi dan geopolitik Indonesia.

Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group, Hariyadi Sukamdani mengatakan, penghargaan diberikan bentuk apresiasi kepada perusahaan dan stakeholder yang mampu menghadapi tantangan dengan menjaga optimisme dan inovasi untuk kelangsungan bisnis dan akselerasi pertumbuhan ekonomi.

“Perusahaan atau instansi ini mampu secara gesit menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada. Ada yang mengubah model bisnis, memperbaiki proses pelayanan, hingga menjalankan transformasi digital. Keberhasilan dalam menghadapi tantangan semacam ini tentu saja layak untuk mendapatkan penghargaan,” katanya.

BACA JUGA : Kepala BP Batam Dianugerahi Pemimpin Lembaga Negara Terpopuler 2021

Sementara, usai menerima penghargaan tersebut, Purwiyanto langsung memberikan apresiasi kepada jajaran BP Batam yang terus memberikan pelayanan optimal untuk kemajuan Batam.

“Terima kasih kepada para pegawai BP Batam, tentunya hal ini dapat kita raih atas kerja kita semua,” kata dia.

Ia mengatakan, di tengah dampak pandemi Covid-19, penting bagi BP Batam untuk tetap menjaga iklim investasi dan menjalankan kebijakan pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Tugas utama kita yakni membangun kawasan, salah satu tugas yang besar adalah membangun layanan infrastruktur. Ternyata yang kita kerjakan selama ini dinilai sangat baik, ini akan menjadi acuan kedepan semakin baik dalam melayani investor dan masyarakat,” ujarnya.

Purwiyanto menyebutkan, BP Batam di bawah komando Muhammad Rudi, sejauh ini mampu memberikan kontribusi peningkatan investasi dengan gencar membangun dan pengembangan infrastruktur baik jalan, bandara, pelabuhan maupun pengembangan kawasan khusus.

BACA JUGA : Investasi Total 11 Triliun, Kepala BP Batam Teken Komitmen Pengembangan Batam Sisi Darat, Laut dan Udara

Sejumlah jajaran BP Batam turut hadir dalam kegiatan itu, di antaranya, anggota Bidang Administrasi dan Keuangan Wahjoe Triwidijo Koentjoro, Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol Ariastuty Sirait, Direktur Badan Usaha Pelabuhan Dendi Gustinandar, Kepala Kantor Perwakilan Purnomo Andiantono, dan Kepala Bagian Humas Sazani.

Pertumbuhan Ekonomi Batam

Berdasarkan data Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), sepanjang Januari-Juni 2022 atau semester I tahun 2022, realisasi investasi di Batam Penanaman Modal Asing (PMA) dan (Penanaman Modal Dalam Negeri) PMDN, mencapai Rp6,175 triliun dengan 1.529 proyek.

Sebelumnya, Batam mencatatkan pertumbuhan ekonomi sepanjang 2021 yang signifikan, dengan capaian pertumbuhan ekonomi 4,75 persen, bahkan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3,69 persen dan Kepri sebesar 3,43 persen.

Atas pencapaian tersebut menjadikan BP Batam dinilai layak menerima penghargaan dari BIA 2022. Pada gelaran ke-20, ajang tahunan ini mengusung tema “Bangkit pada Tahun Perubahan”. Tema tersebut ditetapkan sebagai bentuk apresiasi terhadap korporasi yang mampu bertahan serta mencapai pertumbuhan ekonomi yang sangat baik di era pandemi. (bar)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin