Home Gaya Komunitas

GEN Batam, Wadah Kreatifitas Anak Muda

39
GEN Batam
GEN Batam menggelar Focus Group Discussion di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (26/11/2020). (F: Ist)

Barakata.id- Generasi Muda Entrepreneur (GEN) Batam merupakan wadah untuk berkreativitas bagi anak muda di Batam. Sesuai namanya, komunitas ini terdiri dari para wirausaha muda yang memiliki berbagai latar belakang usaha.

Mulai dari arsitektur, desain interior, kuliner, fotografi, film, video, website, aplikasi, game, media fashion, entertainment hingga desain komunikasi visual. Saat ini usaha kuliner mendominasi jenis usaha yang dilakukan anggota GEN Batam.

Baca Juga:
Perkuat UMKM Agar Ekonomi Kepri Semakin Tangguh

Ketua GEN Batam Armat Juang mengatakan, komunitas mengusung visi sebagai wadah pengusaha muda dan pelaku kreatif yang ada di Batam untuk bisa bersinergi dengan swasta maupun pemerintah.

Sedangkan misi GEN Batam mengembangkan minat, potensi anak muda untuk terus berkembang dan bersaing.

“Melalui komunitas ini, kami anak muda Batam berkumpul. Kami ingin bersama-sama memajukan potensi yang kami miliki,” kata Armat Juang, Kamis (26/11/20) dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di Ruang Rapat Hang Nadim Kantor Wali Kota Batam.

Armat Juang mengungkapkan, anggota GEN Batam terdiri dari Usaha Mikro Kecil (UMK), sementara komponen usaha menengah tidak masuk.

“Anggota usaha mikro sudah banyak, yang kecil juga sudah mulai banyak,” ungkapnya.

Armat juga mengatakan, komunitasnya ingin berperan aktif mengembangkan perekonomian masyarakat Batam.

“Sehingga dengan UMK dari kami ini dapat membuka lapangan kerja yang padat karya,” kata dia.

Kehadiran komunitas berisi anak-anak muda ini mendapat dukungan dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Hal itu ditandai dengan hadirnya Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum dalam FGD tersebut.

Syamsul berpesan agar komunitas ini memiliki dasar yang legal. Dia menyarankan agar menjadikan komunitas itu badan hukum yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM. Sehingga ketika sudah terdaftar dapat lebih mudah bekerjasama dengan Pemko Batam.

Baca Juga:
5 Tips Memulai Bisnis Rumahan, Enjoy dan Pakai Modal Sendiri

GEN Batam, kata Syamsul memberikan sumbangan terhadap perekonomian Batam. Karena keanggotaan GEN Batam, anak-anak muda yang giat-giatnya mengembangkan usaha diberbagai bidang.

“Saya dorong juga, mereka bisa bangun komunikasi dengan BI, OJK dan Kadin dan  lain-lain,” tuturnya.

Syamsul mengatakan  milenial merupakan kelompok yang kerap diidentikkan dengan generasi yang kaya kreativitas dan inovatif. Walau demikian, tetap perlu pendampingan dari permodalan, pendampingan teknis hingga manajemen agar semakin lebih siap menghadapi tantangan ke depan.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin