Home Nusantara Asahan

Gelar Pencanangan Vaksinasi, Bupati Asahan Batal Divaksin

Bupati Asahan Surya Batal Vaksinasi Sinovac

Barakata.id, Asahan – Bupati Asahan Surya batal divaksin pada acara pencanangan vaksinasi yang digelar hari ini, Rabu (10/2/2021) di pendopo rumah dinas Bupati Asahan, Kisaran, Sumatera Utara.

Meski kesehatan dan tekanan darah orang nomor satu di Asahan itu normal berdasarkan hasil screning dan validasi dari Tim Medis Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan namun vaksinasi harus diurungkan dikarenakan faktor usia sang Bupati yang belum memenuhi syarat sebagai penerima vaksin.

Mengacu pada Surat Keputusan Dirjen Kemenkes Nomor : HK 02.02/4/1/2021 tentang petunjuk teknis vaksinasi, vaksinasi sinovac diberikan pada yang usia 18-59 tahun sedangkan usia diatasnya belum diperbolehkan.

Baca juga : Walikota Tanjungbali Minta PGRI Beri Pencerahan Yang Baik Tentang Vaksinasi

Selain Bupati, Ketua DPRD Asahan Baharuddin Harahap dan Kepala Pengadilan Negeri Kabupaten Asahan juga batal divaksin dan penyebabnya juga belum memenuhi beberapa kriteria untuk menerima vaksin sinovac setelah melewati tahap screening oleh tim medis.

“Vaksinasi Sinovac bertujuan untuk mengurangi transmisi/penularan Covid-19, menurunkan angka pasien yang terinfeksi dan juga angka kematian yang disebabkan Covid-19, dengan vaksin sinivac dapat mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd imunity) dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi,” kata Surya diacara tersebut.

Alur pelaksanaan vaksinasi pada hari ini dimulai dari tahap registrasi dan verifikasi, setelah itu tim medis mengidentifikasi kesehatan calon penerima vaksin guna memastikan ada tidaknya penyakit penyerta yang dimiliki, lalu dilanjutkan dengan mengukur suhu tubuh serta tekanan darahnya.

Baca juga : 4440 Vaksin Sinovac Tiba, Tenaga Kesehatan Pertama Terima Vaksinasi

Hasil dari indentifikasi tersebut kemudian diinput ke aplikasi online primary care bpjs kesehatan, apakah bisa direkomendasikan untuk menerima vaksin, ditunda, atau malah tidak direkomendasikan sama sekali.

Bagi penerima yang telah divaksin akan diobservasi selama 30 menit untuk melihat kondisi kesehatan sembari menunggu sertifikat yang menyatakan telah menerima vaksinasi selesai dicetak.

Baca juga : 5.000 Jurnalis Divaksin Akhir Februari hingga Awal Maret

Berikut daftar nama-nama peserta yang mengikuti pencanangan vaksinasi pada hari ini : 

1. Bupati Asahan, H. Surya Bsc.
2. Ketua DPRD, Baharuddin Harahap.
3. Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K.
4. Dandim 0208/AS, Sri Marantika Berutu.
5. Ketua Pengadilan Negeri, Ulina Marbun.
6. Sekretaris Daerah, Jhon Hardi Nasution M.Si. 
7. Ketua IMTAQ Kab. Asahan, Ahmad Kosim Marpaung.
8. Kepala Dinas Kesehatan, dr. Elfina br.Tarigan, MKT.
9. Kepala DPMPTSP, Darwin Idris Nasution.
10. Direktur RSUD Hams, Edi Iskandar.
11. Ketua Ikatan Dokter Indonesia(IDI) Kab.Asahan, Hari Sapna.
12. Persatuan Dokter Gigi (PDGI) Kab.Asahan, Raden Roro Annja Eutheriana.
13. PPNI, Tuah Suganda Munthe.
14. IBI, Elida Hanum Harahap.
15. PATELKI, Syahruddin.

Penulis : Mario Agusno

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin