Home Kepulauan Riau Batam

Gara-Gara Curi 500 Kg Kabel, 5 Orang Diamankan Polisi

1296
curi kabel
Lima tersangka pencurian 500 kg kabel dan satu gulung tali ditangkap Dit Polairud Polda Kepri. (F: Barakata.id/Humas Polda kepri)

Barakata.id- Gara-gara curi 500 kilogram kabel, 5 orang berinisial AH, RH, SJ, ER dan NS diamankan Dit Polairud Polda Kepri. Mereka didakwa atas tindak pidana pencurian dan penggelapan.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan, lima tersangka tersebut mengambil gulungan kabel itu di atas kapal Mas Mulya (Crane Base).

“Penangkapan itu bermula dari informasi dari masyarakat, Kamis (23/7/20), bahwa sering ada pencurian alat-alat kapal dengan menggunakan boat pancung di perairan Pulau Buluh Kecamatan Bulang, Kota Batam,” kata Harry, Rabu (29/7/20) dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga:
Polisi Ringkus 2 Pencuri yang Beraksi di 40 Lokasi

Mendapat inoformasi tersebut, kapal patroli polisi XXXI-1009 Dit Polairud Polda Kepri yang melakukan penyisiran menemukan satu unit speed boat pancung. Boat tersebut sedang kandas dan ditarik oleh dua orang.

“Setelah diperiksa boat dengan mesin tempel 1 x 15 PK itu bermuatan kabel yang sudah dipotong-potong dan satu gulung tali warna putih,” tutur Harry.

Barang bukti berupa gulungan kabel dan tali. (Barakata.id/Humas Polda Kepri)

Saat diinterogasi, mereka mengaku muatan yang dibawa berasal dari Kapal Mas Mulya yang berada di Perairan Tanjunguncang, Batam. Boat pancung beserta pemiliknya itu lalu dibawa ke dermaga Dit Polairud Polda Kepri. Di sana lalu dibuatkan laporan polisi (LP) untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga:
Polisi Amankan Penyalur ABK Kapal Ikan Lu Huang Yuan Yu

“Diduga si pemilik boat, AH telah melakukan tindak pidana pencurian,” kata Harry.

Dari hasil pengembangan dan penyelidikan, ternyata AH bekerja sama dengan petugas satuan pengamanan yang berjaga di Kapal Mas Mulya saat curi kabel dan tali tersebut. Ada empat tersangka yang melakukan penggelapan dan menerima keuntungan dari hilangnya 500 kg gulungan kabel dan 1 gulung tali warna putih itu.

“Mereka adalah RH, SJ, ER dan NS,” kata Harry.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin