Home Warta Arena

Firmino Perkasa, Liverpool Juara Piala Dunia Antarklub 2019

165
Roberto Firmino selebrasi membuka kausnya usai merobek gawang Flamengo menit 99' di partai final Piala Dunia Antarklub 2019 di Doha, Qatar, Minggu (22/12/19) dini hari WIB. (F: AFP)

Barakata.I’d, Batam – Roberto Firmino adalah juara. Keperkasaannya mengantarkan Liverpool juara Piala Dunia Antarklub 2019.

Gol penyerang asal Brasil itu di menit 99′ mengandaskan impian Flamengo untuk menjadi tim terbaik di jagad raya. Liverpool menang dengan skor tipis 1-0 dalam laga yang dihelat di Khalifa International Stadium, Sabtu (21/12/19) atau Minggu dini hari WIB.

Laga melelahkan bagi pasukan Liverpool dan Flamengo dimenangi oleh Si Merah. Kedua tim harus melakoni pertandingan hingga babak tambahan.

Baca Juga :

Gol Firmino Antar Liverpool ke Final Piala Dunia Antarklub

Liverpool Juara Liga Champions 2018/19

Di sepanjang waktu normal, tak Ada gol yang tercipta. Laga pun harus disambung ke babak tambahan.

Saat itulah Roberto Firmino membuktikan kelasnya sebagai penyerang mumpuni.

Di babak semi-final ketika melawan Monterrey, Gol Firmino juga menjadi penentu, yang membuat klubnya maju ke partai final. Dan gol itu pun dilesakkan Firmino di masa injury time.

Tentu saja, keberhasilan The Reds menjuarai Piala Dunia Antarklub berkat para pemain lain juga, bukan cuma Firmino. Kecerdasan sang pelatih, Juergen Klopp juga patut diacungi jempol.

Taktik pelatih asal Jerman itu sukses menjinakkan permainan cantik ala Flamengo.

Dilansir Goal, ini adalah gelar Piala Dunia Antarklub perdana bagi Liverpool setelah hanya menjadi runner-up pada beberapa tahun silam.

Gol Firmino

Selebrasi Roberto Firmino usai mencetak gol ke gawang Flamengo di final Piala Dunia Antarklub 2019 di Khalifa International Stadium, Sabtu (21/12/19) atau Minggu dini hari WIB. (F: Getty Images)

Pertandingan terasa begitu panjang dan melelahkan karena tak kunjung tercipta satu pun gol, hingga akhirnya menginjak menit ke-99 dewi fortuna pun hadir bagi pasukan Jurgen Klopp.

Gol penentu Firmino ini seakan membayar dua peluang emas yang gagal dikonversi bintang Brasil tersebut sepanjang waktu normal.

Di waktu normal pun, The Reds sempat nyaris mendapat penalti ketika Rafinha kedapatan menjegal Sadio Mane, namun tinjauan VAR kemudian membatalkan potensi tendangan 12 pas. 

Flamengo berharap mengulangi kemenangan atas raksasa Merseyside ini ketika keduanya berjumpa pada final Piala Interkontinental 1981.

Segala sesuatunya tampak berjalan sesuai rencana tim top Brasil itu ketika 90 menit berakhir tanpa gol. Artinya, Flamengo tampak mampu mengimbangi permainan anak-anak Klopp.

Pertandingan pun dilanjutkan di babak extra-time. Namun di fase ini, panggung pertandingan jadi milik Liverpool.

Sanggup tampil dominan, akhirnya gawang Flamengo pun jebol jua.

Sembilan menit babak extra-time berjalan, Jordan Henderson mengkreasi bola untuk Mane, yang lantas membaginya pada Firmino untuk kemudian dituntaskan secara sempurna oleh sang penyerang ke gawang yang dikawal Alves.

Jalannya pertandingan

Liverpool juara Piala Dunia Antarklub 2019 setelah mengalahkan Flamengo 1-0 di Khalifa International Stadium, Sabtu (21/12/19) atau Minggu dini hari WIB. (F: Getty Images)

Seperti dilaporkan Kompas, Liverpool langsung tancap gas dengan memberikan tekanan kepada Flamengo ketika peluit babak pertama dibunyikan oleh wasit.

Tekanan yang dilancarkan Liverpool kepada Flamengo belum membuahkan ancaman berarti bagi gawang Diego Alves hingga pertandingan memasuki menit ke-15.

Kedua tim mulai terlibat jual beli serangan ketika pertandingan memasuki menit ke-20.

Liverpool yang mengandalkan Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah belum mampu menembus rapatnya barisan belakang Flamengo.

Begitu pula dengan Flamengo, yang mengandalkan Gabriel Barbosa alias Gabigol di lini depan, tampak mengalami kesulitan untuk menembus lini belakang Liverpool yang digalang oleh Virgil van Dijk dan Joe Gomez.

Hingga pertandingan final Piala Dunia Klub 2019 memasuki menit ke-30, baik serangan-serangan dari Liverpool maupun Flamengo masih belum mampu menghasilkan gol.

Ketatnya barisan pertahanan kedua tim membuat Liverpool dan Flamengo mengalami kesulitan untuk melakukan penetrasi ke kotak penalti satu sama lain.

Hingga babak pertama final Piala Dunia Klub 2019 berakhir, Liverpool dan Flamengo bermain imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Liverpool lebih intens melakukan serangan terhadap pertahanan Flamengo.

Liverpool nyaris membuka keunggulan pada menit ke-47 melalui tembakan voli jarak dekat Firmino,

Akan tetapi, tembakan Firmino masih membentur tiang gawang sebelah kanan Flamengo.

Pada menit ke-55, Flamengo memiliki peluang melalui Gabriel Barbosa. Namun, upayanya masih bisa diamankan Alisson.

Pada menit ke-77, Salah sukses menceploskan bola ke gawang Flamengo. Akan tetapi, gol dianulir karena posisinya offside.

Pada masa injury time, bek Flamengo, Rafinha, melakukan pelanggaran di kotak terlarang terhadap Sadio Mane.

Sempat terjadi perdebatan di antara pemain, sehingga wasit perlu mengecek insiden itu melalui tayangan Video Assistant Referee (VAR).

Setelah melihat tayangan VAR, wasit Abdulrahman Al Jassim memutuskan untuk membatalkan keputusannya. Tidak ada penalti untuk Liverpool.

Baca Juga :

Mohamed Salah Kikis Ketakutan Terhadap Islam di Liverpool

Skuat Terbaik Liga Champions 2019, Tanpa Salah

Hingga waktu normal berakhir, tak ada gol yang tercipta. Laga pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Liverpool baru bisa memecahkan kebuntuan pada menit ke-99 melalui gol Firmino.

Berawal dari serangan balik, Firmino yang mendapatkan sodoran dari Mane sukses mengecoh bek lawan untuk menggetarkan jala gawang Flamengo.

Skor 1-0 ini bertahan sampai dua kali 15 menit berakhir. Dan anak-anak asuh Klopp pun berhak mengangkat trofi Piala Dunia Antarklub 2019.

Susunan pemain

Liverpool: 1-Alisson; 4-Virgil van Dijk, 12-Joe Gomez, 66-Trent Alexander-Arnold, 20-Andrew Robertson; 8-Naby Keita (7-James Milner 100′), 14-Jordan Henderson, 15-Alex Oxlade-Chamberlain; 11-Mohamed Salah, 9-Roberto Firmino (27-Divock Origi 105′), 10-Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp

Flamengo: 1-Diego Alves; 13-Rafinha, 3-Rodrigo Caio, 4-Pablo Mari, 16-Filipe Luis; 5-Willian Arao, 8-Gerson (29-Lincoln 102′); 27-Bruno Henrique, 7-Everton Ribeiro (10-Diego 82′), 14-Giorgian De Arrascaeta (11-Vitinho 77′); 9-Gabriel Barbosa
Pelatih: Jorge Jesus

Wasit: Abdulrahman Al Jassim (Qatar)

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin