Firli Bahuri Ketua Baru KPK

30
Firli Bahuri mengikuti fit uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI, Kamis (12/9/19) malam.

Barakata.id, Jakarta – Firli Bahuri terpilih sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru untuk masa bakti 2019-2023. Firli terpilih lewat penunjukan langsung atau tanpa voting yang pemilihan yang digelar di ruang rapat Komisi III DPR, Jakarta, Jumat (13/9/19) dini hari.

Sebelumnya, para anggota Komisi III DPR memilih lima pimpinan KPK. Kemudian, rapat pleno di-skors untuk memberi kesempatan kepada lima komisioner untuk memilih ketua baru KPK lewat musyawarah.

“Berdasarkan diskusi dan musyawarah seluruh fraksi hadir, dihadiri kapoksi dan perwakilan fraksi-fraksi menyepakati untuk menjabat pimpinan Ketua KPK masa bakti 2019-2023 sebagai ketua yang pertama adalah Firli Bahuri,” kata Ketua Komisi III DPR Azis membacakan hasil voting.

Baca Juga : Profil 10 Capim KPK yang Diserahkan ke Presiden Jokowi

Sebelum penunjukkan Firli menjadi ketua KPK, diadakan voting untuk penentuan lima komisioner baru KPK dari 10 calon yang ada. Firli berhasil mendapat suara dari semua anggota Komisi III DPR yang berjumlah 56 orang.

Suara Firli mengalahkan nama-nama capim lainnya. Tercatat Alexander Marwata memperoleh 53 suara, Nawawi Pomolango dengan 50 suara, Nurul Ghufron dengan 51 suara, dan Lili Pintauli Siregar yang mendapatkan 44 suara.

Riuh tepuk tangan anggota dewan menyambut penguman terpilihnya Firli tanpa melalui proses voting oleh 56 anggota Komisi III DPR.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengirimkan sepuluh nama capim KPK ke DPR untuk diikutkan dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR.

Nama-nama tersebut merupakan hasil seleksi capim KPK yang dilaksanakan panitia seleksi pilihan Jokowi. Seleksi sudah digelar sejak 5 Juli 2019

Selain Firli yang menjabat ketua, empat nama lain pimpinan KPK periode 2019-2023 adalah, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar yang merupakan seorang advokat, Nawawi Pomolango yang berlatar belakang profesi hakim pengadilan tinggi, serta Nurul Ghufron yang merupakan seorang akademisi.

“Pertama Nawawi, kedua Lili, ketiga Nurul, keempat Alexander, dan kelima Firli,” kata Aziz.

“Setuju,” ucap seluruh anggota Komisi III DPR.

Baca Juga : KPK Ingatkan Pejabat Kepri yang Diperiksa Terbuka dan Jujur

Lima nama pimpinan KPK periode 2019-2023 ini terpilih berdasarkan hasil pemungutan suara yang dilakukan oleh 56 anggota Komisi III DPR.

Perolehan suara masing-masing nama calon yang terpilih itu ialah sebagai berikut Firli mendapatkan 56 suara, Alexander memperoleh 53 suara, Nawawi mendapatkan 50 suara, Lili mendapatkan 44 suara, serta Nurul memperoleh 51 suara.

*****

Sumber : CNN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini