Home Warta Ekonomi FIFGROUP Luncurkan Dana bergulir Rp1,6 M untuk 588 UMKM

FIFGROUP Luncurkan Dana bergulir Rp1,6 M untuk 588 UMKM

284
Dana Bergulir FIFGROUP
Penyerahan bantuan secara simbolis oleh FIFGROUP kepada UMKM di Pulau Jawa, Kamis (25/3/21) (F: Barakata.id)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Jakarta – PT Federal International Finance (FIFGROUP) menggandeng 4 lembaga Astra luncurkan dana bergulir untuk 588 Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia, Jumat (25/3/21) secara virtual dalam acara kick off dan webinar tentang UMKM.

Empat lembaga yang digandeng untuk program dana bergulir ini adalah Environment and Social Responsibility (ESR) PT Astra International Tbk, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) dan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM).


CEO FIFGROUP Margono Tanuwijaya mengatakan program dana bergulir ini masuk dalam 4 pilar utama yang menjadi komitmen FIFGROUP untuk membawa kehidupan yang lebih baik. 4 Pilar utama itu adalah kesehatan, pendidikan, lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga:

“Program tersebut juga sejalan dengan filosofi Catur Dharma Astra, Corporate Affairs Policy PT Astra International Tbk serta Corporate Strategy FIFGROUP, di mana kita harus senantiasa berusaha mencapai yang terbaik dan menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk, Riza Deliansyah mengatakan di masa pandemi perekonomian Indonesia sangat terdampak. Termasuk juga para pelaku UMKM binaan Astra.

“Oleh karena itu pelaku UMKM perlu beradaptasi dengan cepat untuk dapat menghadapi perubahan. Grup Astra terutama FIFGROUP juga mengalami kesulitan karena nilai penjualan otomotif yang relatif rendah,” ujarnya.

Namun meski demikian, FIFGROUP terus menjalankan program dana bergulir bagi UMKM yang sangat butuh di masa pandemi ini. Menurut dia, hal itu menunjukkan FIFGROUP berkomitmen untuk terus membantu UMKM agar lebih mandiri dan sejahtera di masa sulit.

“Program ini adalah upaya untuk mengatasi masalah UMKM yaitu permodalan. Diharapkan tak berhenti pada peminjaman modal usaha saja. Tapi juga mendorong terciptanya kolaborasi antar UMKM maupun UMKM dengan Grup Astra,” ucapnya.

General Support and Corporate Communication Director Esther Sri Harjati mengatakan kegiatan itu berkolaborasi dengan Kepala Cabang FIFGROUP di seluruh Indonesia yang mencapai 242 cabang.

“Setiap Kepala Cabang wajib membina minimal 2 UMKM,” kata Esther.

Sampai dengan akhir Januari 2021 lalu, jumlah penerima bantuan dana bergulir FIFGROUP mencapai 279 UMKM dengan total nominal nilai manfaat bantuan modal, yaitu sebesar Rp 846,5 juta yang tersebar di berbagai titik seluruh Indonesia.

Baca Juga:

Esther mengatakan, program dana bergulir yang berupa pinjaman tanpa bunga itu dimulai tahun 2016. Dana itu berasal dari dana sosial syariah FIFGROUP dan diberikan kepada 26 UMKM. Tahun 2017 diberikan kepada 35 UMKM, 2018 sebanyak 67 UMKM, tahun 2019 97 UMKM dan 2020 54 UMKM dan di 2021 ini menggandeng 4 lembaga Astra membiayai 588 UMKM.

Tahun ini, target program dana bergulir ini total bantuannya senilai Rp1,666 miliar. Dana itu disebarkan di 242 titik se Indonesia. Nilai pinjaman yang diberikan dalam program dana bergulir berkisar antara Rp2 juta sampai dengan Rp20 juta.

Kriteria UMKM yang mendapatkan pinjaman dana diantaranya memiliki tempat usaha pribadi, memiliki lama usaha berjalan yang cukup, memiliki laporan pembukuan yang baik, memiliki penghitungan rasio penghasilan yang cukup untuk membayar angsuran, dan berada di lingkungan usaha FIFGROUP.

***

Penulis: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin