Home Kepulauan Riau Batam

Fasilitas Data Center Nasional yang Dibangun di Barelang Lengkap, Apa Saja?

Fasilitas Data Center Nasional
Menkominfo Johnny Plate bersama Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad meninjau lokasi pembangunan pusat data nasional di Barelang, Jumat (23/4/21). (F: Humas Pemko Batam)
Banner Pemprov Kepri

Barakata.id, Batam- Data center nasional atau pusat data nasional yang akan dibangun di Jalan Trans Barelang didukung dengan fasilitas lengkap.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengatakan, secara umum Batam sangat siap untuk jadi lokasi pembangunan pusat data nasional. Hal itu karena fasilitas pendukung dan keamanan sudah terpenuhi.

Pusat data nasional itu dijadwalkan mulai dibangun tahun 2022. Lokasinya di Jalan Trans Barelang dengan luas lahan sekitar 4,16 hektar dan sudah dikeluarkan PL nya oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Advertisement

Baca Juga:

Amsakar memaparkan, fasilitas data center nasional itu sangat mumpuni, didukung dengan 32 pembangkit listrik dengan kapasitas 528 MW.

“Lokasi pembangunan itu letaknya tak jauh dari PLTG Panaran,” tuturnya.

Lokasi itu juga berdekatan dengan Waduk Tembesi. Sehingga air tak jadi masalah. Kemudian terkait dengan keamanan, di kawasan itu juga terdapat Mako Brimob, Bakamla, Yonif 135 Raiders dan Yonif 10 Marinir SBY.

“Serta terdapat pos pemadam kebakaran. Letaknya persis di sebelah lahan pusat data nasional,” kata Amsakar.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate yang meninjau lokasi tersebut mengatakan, pembangunan data center nasional di Batam merupakan kelanjutan rencana strategi pemerintah untuk mengintegrasikan 2.700 pusat data pemerintah.

“Pusat data nasional adalah pilar penting menuju Satu Data Indonesia, selaras dengan percepatan transformasi digital yang diinstruksikan oleh Presiden Jokowi,“ kata Johnny.

Baca Juga:

Pusat data nasional ini disebutnya sebagai rencana strategis Kominfo di 2020-2024. Untuk itu pengerjaan proyek tersebut perlu kecermatan dan kehati-hatian. Baik dalam memilih teknologi, solusi maupun SDM nya.

Untuk pengembangan SDM, Johnny mengatakan, Kominfo terus mengembangkan program literasi digital bertajuk #MakinCakapDigital. Harapanya pembangunan infrastruktur terkait pengolahan data selaras dengan SDM.

“Pembangunan pusat data nasional di Kota Batam ini ditargetkan selesai pada tahun 2025,” katanya.

***

Editor: Asrul R

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin