Home Warta Arena

F1 GP Singapura Batal Digelar karena Covid-19

40
Gelaran F1 GP Singapura yang sedianya diadakan 20 September mendatang dibatalkan karena pandemi. (F: straitstimes.com)

Barakata.id, Batam – Formula satu (F1) Singapore Airlines Singapura Grand Prix (GP) Singapura telah dibatalkan. Pembatalan itu disebutkan oleh pihak promotor balap F1 GP Singapura, Jumat (12/6/20).

Pembatalan itu dilakukan karena masa pandemi Covid-19 yang menimpa lokal maupun internasional. Sebelumnya balapan malam ini rencananya akan digelar pada 20 September 2020.

GP Singapura mengatakan tak dapat melanjutkan lomba karena larangan yang dikenakan pada akses dan pembangunan tempat acara. Pekerjaan di sekitar Sirkuit Jalan Marina Bay sepanjang 5.063 km, yang biasanya dimulai pada bulan Mei, belum dimulai dan tidak akan selesai tepat waktu untuk balapan.

Baca Juga :
Corona Bikin Tour de Bintan dan Festival Pulau Penyengat Ditunda

Ini juga mencatat tantangan lain termasuk pengumpulan massa dan pembatasan perjalanan di seluruh dunia karena Covid-19. Lagipula, 40 persen dari penonton F1 ini berasal dari luar negeri.

Dilansir dari Strait Times, Jumat (12/6/20), Deputy Chairman GP Singapura Colin Syn mengatakan beberapa bulan terakhir persiapan gelaran ini telah sangat menantang di sema lini, namun pihaknya sekarang telah membuat keputusan sulit ini.

“Pada akhirnya, kesehatan dan keselamatan kontraktor dan pekerja, penonton, kru F1, staf dan sukarelawan adalah prioritas nomor satu kami,” ujarnya.

Baca Juga :
Pariwisata Singapura Kehilangan 20 Ribu Turis per Hari karena Virus Corona

GP Singapura mengatakan pihaknya akan mengembalikan uang pembelian tiket dalam waktu 30 hari kerja, pemilik tiket juga bisa memilih opsi diganti dengan tiket pertunjukan tahun depan.

Singapore Airlines (SIA) telah mendukung balapan Singapura sejak 2014 dan tahun lalu memperpanjang sponsornya hingga 2021. Namun demikian, pihak maskapai ini pun telah memahami keputusan pembatalan tersebut, mengingat saat ini masyarakat dunia sedang disibukkan oleh upaya mengatasi pandemi Covid-19.

“Singapore Airlines memahami dan mendukung keputusan untuk membatalkan Grand Prix F1 Singapura edisi 2020 sehubungan dengan pandemi Covid-19. Kami berharap untuk menyambut balapan malam ikonik kembali ke Singapura di masa depan,” kata seorang juru bicara SIA.

****

Editor : Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin