Home Kepulauan Riau Batam Era New Normal, Jadikan Pilkada Kepri Festival Adu Gagasan

Era New Normal, Jadikan Pilkada Kepri Festival Adu Gagasan

Sekretaris Komisi I DPRD Kepri, Muhammad Syahid Ridho

Barakata, Batam – KPU disarankan menjadikan momentum new normal Covid 19 untuk festival gagasan menjelang Pilkada Kepri. KPU bisa membangun ruang diskusi terhadap permasalahan-permasalahan publik di wilayah Kepri.

“Kondisi new normal dan kampanye yang didesain lebih banyak virtual idealnya bisa dijadikan momentum bagi KPU untuk menjadikan pilkada ini sebagai festival gagasan. Pasangan calon (paslon) lebih banyak mendiskusikan narasi dan gagasannya untuk pembangunan Kepri menuju masyarakat yang maju, berbudaya dan sejahtera,” kata Sekretaris Komisi I DPRD Kepri, Muhammad Syahid Ridho
dalam keterangan tertulisnya kepada barakata.id, Sabtu (27/6/20).

Baca Juga :
Pilkada Kepri, PKS Juga Lirik Duet Isdianto-Suryani

Jika KPU Kepri bisa mendorong hal ini dengan memperbanyak ruang-ruang diskusi program, Syahid Ridho yakin politik identitas dan politik uang bisa diminimalisir.

“Kalau KPU Kepri mendesain banyak ruang-ruang adu gagasan tentu publik akan mendiskusikan program bahkan warganet juga demikian, jangan sampai politik SARA atau identitas terjadi,” kata dia.

Dari hasil rapat dengar pendapat (RDP) DPRD Kepri dengan KPU Kepri baru-baru ini, memang ada banyak penyesuaian tahapan pilkada dengan kondisi new normal.

“Kalau saya secara pribadi ingin pilkada nanti jadi momentum paslon, parpol dan timsesnya adu gagasan, apa yang akan mereka lakukan jika terpilih nanti. Narasi inilah yang harus diketahui pemilih sehingga kemudian pemilih memiliki alasan kuat untuk memilih mereka,” pungkasnya.

Baca Juga :
Netralitas PNS Sering ‘Jebol’ di Masa Kampanye Pilkada

Untuk diketahui, untuk Pilkada Kepri yang akan digelar Desember 2020 nanti, KPU mencatat Jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) di Provinsi Kepri sebanyak 1.393.439 orang.

Komisioner KPU Kepri, Priyo Handoko menyampaikan, pihaknya telah menerima DP4 dari KPU RI sejak 21 Februari 2020 lalu. Berisi data penduduk yang memenuhi persyaratan sebagai pemilih pada saat pemilihan diselenggarakan.

“Data ini disediakan oleh pemerintah. DP4 Provinsi Kepri yang diserahkan KPU RI pada 21 Februari 2020 sejumlah 1.393.439,” ujarnya.

Sejauh ini, beberapa nama yang disebut-sebut akan maju ikut Pilkada Kepri sudah mencuat. Beberapa nama adalah tokoh lama seperti Soerya Respationo (PDIP/mantan Wakil Gubernur Kepri), Ismeth Abdullah (mantan Gubernur Kepri), Ansar Ahmad (Golkar/mantan Bupati Bintan), dan Isdianto (saat ini menjabat Gubernur Kepri). Selain itu juga ada nama Iman Setiawan (Gerindra/DPRD Batam), dan Suryani (DPRD Kepri dari PKS).

*****

Editor : YB Trisna

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin