Home Kepulauan Riau Batam

Eazy Passport, Bikin Paspor Tak Perlu ke Kantor Imigrasi

1516
Disbudpar Batam menjadi insansi pemerintahan yang menjajal program Eazy Passport, Kamis (13/8/20). (F: Disbudpar Batam)

Barakata.id- Eazy passport merupakan cara bikin paspor dengan mudah dan cepat. Program ini membuat pemohon paspor tak perlu datang ke kantor Imigrasi. Layanan baru dari Ditjen Imigrasi ini dilakukan di luar Kantor Imigrasi.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam menjadi salah satu instansi pemerintahan yang menjajal program Eazy Passport ini, Kamis (13/8/20). Program Eazy Passport ini bersifat kolektif. Bisa dilakukan di satu tempat dengan mengumpulkan orang-orang yang juga akan membuat atau memperpanjang paspor.

“Di kala pandemi ini, kami lakukan jemput bola,” kata Koordinator Tim Eazy Passport Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Rivai.

Baca Juga:
Bikin SIM Internasional Bisa dari Rumah, Ini Caranya

Bagi masyarakat yang ingin membuat paspor secara kolektif, dapat mengajukannya ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam. Tentunya, persyaratannya sama seperti layanan saat datang ke Kantor Imigrasi.

“Minimal 50 orang. Dan itu bisa instansi pemerintah, sekolah. Syaratnya sama, dengan melampirkan KTP, KK, Ijazah dan paspor lama bagi penggantian paspor,” ucapnya.

Program ini memiliki keunggulan dengan proses lebih cepat. Namun, tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan memakai sarung tangan bagi petugas.

“Bagi masyarakat yang ingin mengajukan Eazy Passport harus mengatur tempat sesuai protokol kesehatan, dan berkasnya harus lengkap. Jika surat sudah disetujui pimpinan, tim akan turun,” ungkap Rivai.

Baca Juga:
Asyik, Kartu Keluarga Kini Bisa Cetak Sendiri

Sementara itu, Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata yang juga tergabung dalam Tim Pengendalian Orang Asing (Timpora) Kota Batam mengatakan banyak pegawainya dan anggota keluarga (dari pegawainya) mengikuti pelayanan paspor kolektif ini.

Ia merasa sangat terbantu dengan layanan dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam ini. Karena tidak perlu ke kantor imigrasi, apalagi ditengah pandemi saat ini.

“Layanan Eazy Passport sangat cepat dan mudah,” katanya.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin