Home Kepulauan Riau Natuna

Dua Kapal Vietnam Ditangkap KKP di Perairan Natuna

24
Kapal Vietnam Ditangkap
Ilustrasi. Perairan Natuna menjadi tempat yang sering dijamah kapal ikan asing. Kementerian KKP menangkap 2 kapal Vietnam yang menangkap ikan secara ilegal, Kamis (20/8/20). (F: Natunakab.go.id)

Barakata.id – Dua kapal Vietnam ditangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di perairan Natuna. Dua kapal itu melakukan aktivitas penangkapan ikan di wilayah perairan Indonesia tanpa izin.

Dilansir dari CNN Indonesia saat ditangkap, kedua kapal itu sedang berlayar di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia tepatnya di kawasan Laut Natuna Utara.

Wilayah itu sendiri masuk dalam zona Wilayah Perngelolaan Perikanan RI (WWP) 771. Tak hanya mengeruk ikan secara ilegal, dua kapal itu juga kedapatan menggunakan alat tangkap trawl untuk melancarkan aksinya.

Baca Juga:
[FOTO] Edhy Prabowo Tinjau 5 Kapal Asing dan 68 Nelayan Vietnam Pencuri Ikan Dites Corona

“Dua Kapal Ilegal Asing (KIA) kembali diamankan di Laut Natuna Utara pada Kamis (20/8) kemarin,” kata Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Tb Haeru Rahayu melaui keterangan tertulisnya, Sabtu (22/8).

Saat ditangkap oleh Awal Kapal Pengawas KKP tak ada perlawanan dari kedua kapal tersebut. Tidak sempat terjadi penembakan atau aksi kejar-kejaran antar kapal asing dengan petugas perikanan di wilayah Natuna.

“Alhamdulillah, proses penangkapan relatif tanpa perlawanan”, kata Haeru.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui kapal dengan bendera Vietnam yang pertama dinakhodai oleh Lam Van Tung. Ada 17 anak buah kapal (ABK) berkewarganegaraan Vietnam di kapal tersebut. Kapal yang pertama ditangkap ini berbobot sekitar 100 Gross Tone (GT).

Sedangkan kapal kedua dinakhodai oleh Lam Van Toan. Ada lima ABK di kapal ini. Mereka semuanya berkebangsaan Vietnam. Kapal ini lebih kecil dari yang pertama, bobotnya sekitar 90 GT.

Setelah ditangkap, kedua kapal itu saat ini sedang dalam proses ad hoc ke Pangkalan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam untuk diproses hukum lebih lanjut.

Baca Juga:
Susi Pimpin Pengejaran 7 Kapal Ikan Asing di Laut Natuna

Perairan Natuna memang seringkali menjadi sasaran penangkapan ikan ilegal dari kapal-kapal asing. Hal itu karena letaknya yang berada di wilayah perbatasan Indonesia.

Sebelumnya, pada 1 Maret 2020 lalu, Dirjen PSDKP KKP Batam juga menangkap dan menahan 5 kapal asing pencuri ikan di Laut Natuna bagian utara. Dari lima kapal itu ada 68 awak kapal berkewaraganegaraan Vietnam turut diamankan.

Pada April 2019, Susi Pudjiastuti yang masih menjabat Menteri KKP pernah ikut turun ke laut mengejar kapal asing berbendera China yang mengeruk ikan di perairan Natuna.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin