Beranda Kepulauan Riau Batam

DPRD Evaluasi Kinerja PemKo Batam, Pertumbuhan Ekonomi Lampaui Target

6
0
Pemko Batam
Ketua Pansus Pembahasan Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Batam Akhir Tahun Anggaran 2023, Aman menyalami Sekda Batam, Jefridin Hamid usai rapat paripurna, Rabu (8/5/24). (F: barakata.id/ist)
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id, Batam – DPRD Kota Batam mengevaluasi kinerja Pemerintah Kota (Pemko) Batam selama tahun 2023 berdasarkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) pada rapat paripurna, Rabu (8/5/24) lalu. Evaluasi dilakukan dengan melibatkan peninjauan lapangan, reses, sidak, serta tinjauan terhadap dokumen LKPJ.

“Capaian kinerja Pemko Batam pada tahun 2023 menunjukkan berbagai pencapaian signifikan,” kata Aman, Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pembahasan Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Wali Kota Batam Akhir Tahun Anggaran 2023.

- Advertisement -

BACA JUGA : DPRD Batam Bentuk Pansus Ranperda Penyelenggaraan Pemakaman

Ia memaparkan, pertumbuhan ekonomi Kota Batam melebihi target yang ditetapkan, mencapai 7,04% dibandingkan dengan target sebesar 5,91%, menunjukkan tren positif dibanding tahun sebelumnya. Selain itu, tingkat pengangguran terbuka (TPT) turun menjadi 8,14% dari 9,56% pada tahun sebelumnya. Namun, target penurunan angka kemiskinan belum tercapai sepenuhnya.

“DPRD Batam juga memberikan rekomendasi yang meliputi perbaikan perencanaan pembangunan, anggaran, penyusunan peraturan daerah, serta penyempurnaan kebijakan strategis kepala daerah,” kata dia.

Aman mengatakan, evaluasi ini dilakukan berdasarkan misi pembangunan Batam untuk mewujudkan visi sebagai bandar dunia madani yang modern dan sejahtera. Rekomendasi dari DPRD Kota Batam mencakup diversifikasi ekonomi, peningkatan keterampilan tenaga kerja, pengentasan kemiskinan. Kemudian, pengembangan ekosistem start-up, dan pengendalian inflasi.

“Langkah-langkah ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Batam,” ujarnya.

Dokumen LKPJ tahun 2023 menjadi dasar evaluasi utama bagi DPRD dalam merumuskan rekomendasi perbaikan kebijakan guna memastikan kelangsungan dan peningkatan kinerja pemerintah daerah dalam mewujudkan visi dan misi Kota Batam. Pansus (Panitia Khusus) LKPJ Kota Batam mengapresiasi capaian ekonomi yang cukup baik pada tahun 2023.

BACA JUGA : DPRD Batam Bahas LKPj Wali Kota Tahun 2023

Meskipun demikian, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi, terutama terkait penurunan angka kemiskinan yang belum tercapai sepenuhnya. Capaian ekonomi yang positif ini, menurut Pansus, merupakan hasil dari kebijakan ekonomi dan anggaran daerah yang konsisten dan disiplin selama tahun 2023.

Dalam menghadapi tantangan ekonomi global yang tidak ringan, Pansus mendorong pemerintah Kota Batam untuk terus bekerja keras demi pemulihan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat pada tahun 2024 dan tahun-tahun selanjutnya. Pansus juga merekomendasikan beberapa langkah, termasuk melakukan diversifikasi ekonomi, meningkatkan keterampilan tenaga kerja, fokus pada pengentasan kemiskinan, pengembangan ekosistem start-up, dan pengendalian inflasi.

Selain itu, Pansus juga menyoroti beberapa indikator yang tidak tercapai, seperti target penurunan angka kemiskinan. Dewan merekomendasikan agar Pemko Batam melakukan analisis mendalam untuk memahami penyebab ketidaktercapaiannya target tersebut. Evaluasi kebijakan dan revisi program-program yang tidak efektif juga menjadi langkah penting yang diusulkan oleh Pansus untuk mengatasi masalah ini.

Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan Kota Batam dapat terus memperkuat fokusnya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, meskipun dihadapkan pada tantangan ekonomi global yang kompleks.(bar)

- Advertisement -