Home Kepulauan Riau Batam DPRD Batam Minta Semua Aset Tanah Milik Pemkot Batam Dievaluasi

DPRD Batam Minta Semua Aset Tanah Milik Pemkot Batam Dievaluasi

13
DPRD Batam
Kantor Pemko Batam yang berdampingan dengan Dataran Engku Putri, Batam Centre.
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Batam – Tim Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Batam meminta semua aset tanah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Batam dievaluasi ulang. Legislatif menilai selama ini pengelolaan aset di lingkungan Pemkot Batam kurang diperhatikan.

“Kita juga merekomendasikan agar dilakukan re-evaluasi terhadap seluruh aset tanah Pemkot Batam, agar dapat diperoleh nilai yang pasti dan sesuai dengan nilai terkini,” kata anggota DPRD Batam, Aman di Batam Centre, Rabu (21/7/21).

Ia mengatakan, rekomendasi re-evaluasi terhadap semua aset tanah Pemkot Batam tertuang dalam laporan Banggar atas Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Wali Kota Batam. Rekomendasi tersebut juga sebagai respon terkait berbagai temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

“Kami minta agar berbagai temuan BPK RI tersebut tidak terulang lagi di tahun-tahun mendatang. Sehingga kualitas pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah menjadi lebih baik,” ujarnya.

BACA JUGA : Banggar DPRD Batam Minta Pemkot Serius Tanggapi Temuan BPK

Aman juga menyorot penempatan personel yang mengurus bagian keuangan dan bagian barang di setiap organisasi perangkat daerah (OPD). Menurut dia, ada penempatan orang-orang yang kurang memiliki pemahaman dan kompetensi terhadap pengelolaan barang dan aset.

Kondisi itu, lanjut dia, membuat hampir semua OPD tidak dapat memberikan penjelasan yang baik berkenaan dengan neraca khususnya yang terkait dengan aset.

Karena itu, Banggar DPRD Batam merekomendasikan kepada Wali Kota agar menempatkan orang-orang yang tepat pada Bagian Keuangan dan Bagian Barang di masing-masing OPD berdasarkan latar belakang pendidikan maupun kompetensinya.

“Kami juga merekomendasikan BKPSDM agar melaksanakan program pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) terutama yang bertugas di Bagian Barang dan Bagian Keuangan di setiap OPD,” kata dia.

Sebelumnya, pada paripurna di gedung DPRD Batam, Rabu (14/7/21) lalu, Banggar DPRD Batam meminta Pemkot Batam serius menindaklanjuti temuan BPK RI. Banggar juga meminta tanggapan atas temuan itu dibuatkan laporan secara tertulis.

*****

Editor : YB Trisna

Advertisement
SebelumnyaGubernur Kepri: PPKM Mikro Diperpanjang hingga 25 Juli 2021
SelanjutnyaBMKG Ingatkan Potensi Gempa dan Tsunami 28 Meter di Jawa