Beranda Kepulauan Riau Batam

DPRD Batam Bentuk Pansus Ranperda Penyelenggaraan Pemakaman

4
0
DPRD Batam membentuk Pansus Ranperda tentang Penyelenggaraan Pemakaman Kota Batam, Rabu (8/5/24). (F: barakata.id/ist)
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id, Batam – DPRD Kota Batam menggelar rapat paripurna mendengarkan tanggapan/jawaban Wali Kota Batam atas pandangan umum dari beberapa fraksi DPRD Kota Batam terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penyelenggaraan Pemakaman Kota Batam. Tanggapan disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua (Waka) I DPRD Batam, Kamaluddin dan Waka II Muhammad Yunus serta dihadiri oleh anggota dewan dari berbagai fraksi di Gedung DPRD Kota Batam, Batam Centre, Rabu (8/5/24).

- Advertisement -

Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menyatakan dukungan terhadap penyusunan Ranperda Penyelenggaraan Pemakaman dengan memperhatikan kepentingan masyarakat. Anggota dewan dari fraksi ini, Budi Mardiyanto, menekankan pentingnya mempertimbangkan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1987 tentang Penyediaan Penggunaan Tanah untuk Keperluan Tempat Pemakaman.

BACA JUGA : DPRD Batam Usulkan Ranperda Penyelenggaraan Penempatan Tenaga Kerja

Sementara Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) menyatakan persetujuan untuk melanjutkan pembahasan Ranperda, dengan catatan agar tidak ada penyimpangan terhadap peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. Sementara, Taufik Muntasir dari fraksi ini menyoroti pentingnya pengelolaan tanah yang tidak mengganggu lingkungan hidup.

Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) juga memberikan dukungan untuk melanjutkan pembahasan Ranperda Penyelenggaraan Pemakaman Kota Batam. Namun, Hendra Asman, dari fraksi ini menekankan pentingnya pengelolaan lahan dengan memperhatikan aspek keagamaan, sosial budaya, dan tata kelola pelayanan pemakaman.

Kemudian, Fraksi Demokrat-PSI juga menyampaikan pandangan terkait pelayanan pemakaman yang tidak boleh menjadi beban finansial bagi keluarga yang sedang berduka. Mereka mengusulkan adopsi sistem pelayanan pemakaman online untuk memudahkan keluarga yang mengurus surat kematian.

Pembahasan lebih lanjut terkait Ranperda Penyelenggaraan Pemakaman Kota Batam akan dilakukan melalui tahapan pembicaraan antara Panitia Khusus DPRD Kota Batam dan tim Pemerintah Kota Batam.

“Semua pandangan dan masukan dari fraksi-fraksi akan dipertimbangkan dalam penyempurnaan substansi ranperda tersebut. Tahap selanjutnya pembahasan antara Pansus DPRD dan Tim Pemko Batam, untuk berkomitmen menyusun regulasi dalam Ranperda Penyelenggara Pemakaman di Batam,” ucapnya.

Anggota DPRD Batam, Udin P Sihaloho ditunjuk sebagai Ketua Pansus Ranperda Penyelenggara Pemakaman.
Sementara, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, menyampaikan apresiasi kepada fraksi-fraksi DPRD Kota Batam atas pandangan umum yang telah disampaikan. Tanggapan tersebut merupakan langkah awal dalam penyempurnaan substansi Ranperda tersebut, yang telah dibahas sebelumnya. Pada kesempatan tersebut, disetujui pembentukan Panitia Khusus (Pansus) dengan Udin P Sihaloho sebagai ketua.

“Keberadaan pansus ini diharap dapat mengkaji lebih lanjut substansi Ranperda,” katanya.

BACA JUGA : DPRD Batam Gesa Ranperda Kampung Tua

Tahapan selanjutnya adalah pembahasan antara Pansus DPRD dan tim Pemerintah Kota Batam. Pembahasan ini akan memperdalam dan mengkaji kembali pandangan umum fraksi yang telah disetujui oleh Pemerintah Kota Batam.

Ranperda Penyelenggaraan Pemakaman Kota Batam ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum, menjamin ketersediaan tempat pemakaman sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah, serta memberikan perlindungan dan akses bagi masyarakat untuk memperoleh tempat pemakaman yang layak.

“Selain itu melalui Peraturan Daerah ini diharapkan dapat mempertimbangkan fungsi ruang dan pencegahan dampak negatif terhadap lingkungan hidup akibat tempat pemakaman,” jelas Jefridin.

Selain itu, dalam rapat tersebut, juga disampaikan Laporan Pansus Pembahasan LKPJ Wali Kota Batam Tahun 2023 oleh Aman, S.Pd. Rapat juga mencakup pengambilan keputusan serta pemberian rekomendasi bagi seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Batam.

“Pemerintah Kota Batam akan menindaklanjuti pelaksanaan rekomendasi ini dengan memastikan pengawasan dan pembahasan selanjutnya,” kata Jefridin.(bar)

- Advertisement -