Home Kepulauan Riau

Ditpolairud Polda Kepri Gagalkan Penyelundupan Rokok dan Mikol dari Batam ke Pekanbaru

Ditpolairud Polda Kepri
Ditpolairud Polda Kepri menangkap KM Carolina yang membawa barang-barang ilegal di perairan Dapur 12, Sagulung, Kota Batam, Selasa (9/2/21). (F: barakata.id/ist)

Barakata.id, Batam – Ditpolairud Polda Kepri menangkap KM Carolina yang membawa barang-barang ilegal di perairan Dapur 12, Sagulung, Kota Batam, Selasa (9/2/21). Kapal motor itu diamankan karena ingin melakukan penyelundupan barang ke daerah Pekanbaru, Riau.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan, Ditpolairud Polda Kepri menangkap kapal itu lantaran belayar tanpa dilengkapi surat persetujuan berlayar. Kapal itu juga membawa keluar barang ilegal jenis rokok dan minuman beralkohol (mikol).

“Barang-barang itu dibawa tanpa dilengkapi dengan dokumen Kepabeanan,” kata Harry di Mapolda Kepri, Rabu (10/2/21).

Baca Juga : Penyelundup Rokok Tabrak Kapal Patroli BC di Laut Kepri 

Harry yang didampingi Dir Polairud Polda Kepri, Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom mengatakan, penangkapan berawal dari informasi yang diberikan oleh masyarakat. Informasi itu menyebutkan bahwa pada Senin (8/2/21) sekira pukul 16.00 WIB ada kapal KM Carolina yang bergerak dari Dapur 12, Batam hendak menuju Pekanbaru.

“Dari informasi itu dikatakan bahwa di lokasi tersebut selalu ada penyeludupan barang-barang berupa rokok dan minuman ilegal,” kata dia.

Setelah menerima informasi itu, selanjutnya tim melakukan pengintaian dan pelacakan terhadap target. Kemudian pada Selasa (9/2/21) sekira pukul 09.45 WIB, tim melakukan pengintaian dan lalu petugas mendekati KM Carolina.

Baca Juga : Penyelundupan Baby Lobster Senilai Rp11,4 Miliar ke Singapura Gagal

Harry mengatakan, tim yang menggunakan kapal speedboat Dinas Sea Reader berhasil mengamankan KM Carolina. Di atas kapal itu, polisi juga mengamankan satu orang selaku nahkoda dan satu orang anak buah kapal (ABK).

“Kepada petugas, mereka mengakui bahwa KM Carolina berlayar tanpa dilengkapi Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Kapal itu membawa barang dari dapur 12 dengan tujuan Pekanbaru, Riau,” katanya.

“Selanjutnya para kru KM Carolina diamankan di Mako Ditpolairud Polda Kepri untuk proses selanjutnya,” pungkas Harry.

*****

Editor: YB Trisna

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin