Home Nusantara Disperindag Kabupaten Blitar Manfaatkan DBHCHT Untuk Gempur Peredaran Rokok Ilegal

Disperindag Kabupaten Blitar Manfaatkan DBHCHT Untuk Gempur Peredaran Rokok Ilegal

Disperindag Kabupaten Blitar
Foto : istimewa
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar dalam hal pemanfaatan dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2021 untuk kegiatan sosialisasi terkait larangan menjual rokok ilegal atau polosan.

Kegiatan ini diikuti 400 peserta dari kalangan pedagang sektor informal, dibagi menjadi 5 angkatan, setiap angkatan mengundang 80 peserta dengan menghadirkan narasumber dari Biro Perekonomian Provinsi Jawa Timur, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Blitar, serta Ketua Dekranasda Kabupaten Blitar, H. Zaenal Arifin.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kabupaten Blitar Tavip Wiyono, dalam sambutan mengatakan bahwa tujuan sosialisasi ini untuk mengenalkan ketentuan umum di bidang cukai seperti barang-barang yang kena cukai, serta ciri-ciri barang kena cukai ilegal.

Baca juga : Disperidag Kota Blitar Bagi-Bagi Sembako dan Gelar Sosialisasi Cukai Kepada Pedagang Rokok Eceran dari Duit DBHCHT

Menurutnya, dengan melalui sosialisasi ini masyarakat diajak untuk memerangi peredaran rokok ilegal atau hasil tembakau ilegal, sebab merugikan masyarakat dan negara.

“Masyarakat perlu memahami peraturan perundang-undangan yang ada dalam rangka menurunkan tingkat peredaran barang kena cukai ilegal, seperti rokok polos atau tidak dilekati pita cukai, rokok yang dilengkapi pita cukai palsu, pita cukai bukan peruntukannya, serta rokok elektronik tanpa pita cukai,” jelas Tavip saat membuka acara sosialisasi di salah satu rumah makan di Kota Blitar, pada Selasa (23/11/2021).

Kata Tavip, rangkaian kegiatan sosialisasi ini juga dalam rangka bentuk implementasi dari pemanfaatan DBHCHT. Selain itu, juga dialokasikan pada bidang kesejahteraan masyarakat dan penegakan hukum.

Baca juga : Gelar Sosialisasi Cukai, Walikota Blitar : Pembangunan Daerah, Salah Satunya dari Dukungan Alokasi DBHCHT

“Dengan kita melaksanakan aturan cukai, berarti kita telah turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat,” tuturnya. (adv/kmf/jun)

SebelumnyaMaraknya Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan dan Anak, Tak Mengenal Nama dan Usia
SelanjutnyaKerja Bagus, DPMPTSP Kabupaten Blitar Mendapat Penghargaan Nomine dari Kementrian BKPM RI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin