Diikuti 184 Peserta, MTQ ke-52 Tingkat Kecamatan Kisaran Timur Resmi Dibuka

Plt. Camat Kota Kisaran Timur, Rahmat Hidayat Siregar
Advertisement

Barakata.id, Asahan – Plt. Camat Kota Kisaran Timur, Rahmat Hidayat Siregar secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Festival Nasyid ke-52 Tahun 2021 Tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur, ditandai dengan pemukulan bedug di Mesjid Siti Zubaidah, Kisaran, Sumatera Utara.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini, terutama kepada lurah, Ketua Imtaq dan pihak-pihak lain di Kelurahan se-Kecamatan Kota Kisaran Timur yang ikut serta menyaring para kafilah di kelurahannya untuk bertanding ditingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur sebagai perwakilan Kelurahan masing-masing, ” kata Rahmat dalam acara tersebut, Rabu (26/1/2021).

Rahmat berujar, kemenangan dalam sebuah perlomabaan/pertandingan bukanlah hal yang utama karena hal yang paling utama dalam perlobaan MTQ ialah menyiarkan dan mengenalkan ajaran dan kesenian Agama Islam kepada para generasi muda sejak dini dan hal tersebut merupakan target dan tujuan utama dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan.

Advertisement

“Untuk itu, saya berharap kepada orang tua dapat membimbing anak-anaknya untuk mempelajari ajaran dan kesenian agama Islam, sehingga anak-anak kita memiliki mental dan kepribadian yang baik,” ucapnya.

Baca juga : Bupati Asahan Silaturahmi dengan Komunitas Pedagang

Rahmat juga meminta para dewan juri agar melaksanakan tugasnya dengan cara profesional tanpa ada memihak kafilah manapun.

MTQ dan Festival Nasyid ke-52 Tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur tahun ini diikuti 184 peserta yang akan berkompetisi dalam 6 cabang perlombaan yang digelar.

6 cabang perlombaan tersebut masing-masing, perlombaan Tartil (Putra 12 orang, Putri 12 orang), Tilawah (Putra Anak-Anak 12 orang, Putri Anak-Anak 12 orang, Putra Remaja 12 orang, Putri Remaja 12 orang, Putra Dewasa 6 orang, Putri Dewasa 7 orang), Fahmil (Putra 5 orang, Putri 4 orang), Syahril (Putra 7 orang, Putri 6 orang), Khotil (Naskah Putra 5 orang, Naskah Putri 6 orang, Dekorasi Putra 2 orang, Dekorasi Putri 5 orang, Mushab Putra 3 orang, Mushab Putri 5 orang), Hifzil (1 Juz Putra 11orang, 1 Juz Putri 10 orang, 5 Juz Putra 8 orang, 5 Juz Putri 7 orang, 10 Juz Putra 4 orang, 10 Juz Putri 3 orang, 20 Juz Putra 2 orang, 30 Juz Putra 1 orang, 30 Juz Putri 2 orang) dan Nasyid (Putra 3 grup, Putri 6 grup).

Baca juga : Pemko Tanjung Balai Renovasi Masjid Menara Lima

Dan lokasi pelaksanaannyapun terbagi dibeberapa tempat seperti perlombaan Fahmil dan Khotil dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kisaran, Syahril di Aula Kantor Lurah Mutiara, Hifzil di Masjid Al-Fallah Mutiara, Tartil, Tilawah dan Nasyid di Masjid Siti Zubaidah Mutiara.

****
Editor : Poli Gea

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin