Home Warta Dunia Di Ethiopia, Tak Pakai Masker Bakal Dipenjara 2 Tahun

Di Ethiopia, Tak Pakai Masker Bakal Dipenjara 2 Tahun

19
Tak Pakai Masker
Ilustrasi. Di Ethiopia, orang dengan sengaja tak pakai masker akan dipenjara maksimal 2 tahun. (F: Freepik)

Barakata.id- Pemerintah Ethiopia bakal penjarakan orang tak pakai masker. Tak tanggung-tanggung hukuman penjara itu selama 2 tahun. Sanksi itu diberikan kepada orang yang sengaja tak mau mengenakannya.

Negara tersebut memang tengah melakukan pembatasan-pembatasan sebagai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pembatasan itu diantaranya larangan berjabat tangan, tak boleh menempatkan lebih dari tiga orang di satu meja, menjaga jarak minimal enam kaki dan wajib pakai masker.

Menteri Kesehatan Lia Tadesse mengatakan sanksi itu diberlakukan karena masyarakat semakin tidak peduli terhadap Covid-19.

Baca Juga:
Bebas Covid-19, Masker Tak Lagi Wajib di Selandia Baru

“Sekarang seolah-olah Covid sudah tidak ada lagi, masyarakat tidak peduli,” kata Tadesse, dikutip dari CNNIndonesia, Sabtu (24/10/20).

Padahal, menurut Tadesse, ketidakpedulian itu memungkinkan peningkatan penyebaran Covid-19 menjadi ancaman bagi negara.

Negara terpdat kedua di Afrika itu mengumuman keadaaan darurat pada April 2020. Kemudian keadaan darurat itu dicabut pada bulan September. Covid-19 itu memuncak menjelang akhir Agustus. Negara itu memiliki keterbatasan sumber daya, sehingga pengujian pun kurang dilakukan.

Namun, setidaknya 79 orang meninggal akibat Covid-19 dalam sepekan terakhir. Jumlah itu kurang dari 2 persen kematian yang tercatat secara resmi.

Baca Juga:
Masker Scuba Tak Efektif Cegah Covid-19

Kementerian kesehatan telah mencatat 91.118 kasus Covid-19, 1.384 kematian, dan 44.506 pemulihan sejauh ini.

Kantor Kejaksaan Agung Ethiopia dalam laman Facebooknya, abu (21/10/20) menyebutkan Undang-undang baru mengizinkan denda dan hukuman penjara hingga dua tahun bagi siapa pun yang melanggar peraturan.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin