Beranda Kepulauan Riau Bintan

Dewi Ansar Buka Festival Kuliner dan Lomba Masak Ikan di Bintan

3
0
Ketua PKK Kepri
Ketua TP PKK Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id, Bintan – Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Dewi Kumalasari Ansar membuka Festival Kuliner dan Lomba Masak Ikan tahun 2024 di Pantai Tanjung Tili, Sei Enam Kijang, Kabupaten Bintan, Jumat (7/6/24). Peserta kegiatan ini berasal dari perwakilan 10 TP-PKK kecamatan se-Bintan, masing-masing dengan dua orang, serta ibu hamil dan ibu menyusui sebanyak 60 orang dan ibu-ibu masyarakat sekitar lokasi acara sebanyak 75 orang.

Lomba masak serba ikan ini melombakan tiga kategori menu yaitu menu balita, menu kudapan dan menu keluarga dengan bahan Ikan Tongkol Putih. Untuk menjamin objektivitas dan kualitas lomba, panitia melibatkan tiga juri profesional, yakni Chef Profesional dari Ari Sanyi Petersely Kitchen Pekanbaru, Ahli Gizi dari Dinas Kesehatan Kepri dan Ahli Tata Boga dari SMK Negeri 2 Tanjungpinang.

- Advertisement -

Dewi Ansar menyampaikan bahwa lomba masak ikan ini merupakan ajang yang sangat penting untuk mempromosikan kekayaan kuliner lokal dan memperkenalkan berbagai inovasi masakan berbahan dasar ikan.

“Melalui lomba ini, kita tidak hanya merayakan kekayaan kuliner kita, tetapi juga mendorong masyarakat untuk lebih kreatif dalam mengolah ikan, yang merupakan salah satu sumber daya alam utama di Kepulauan Riau,” katanya.

BACA JUGA : Marlin Gencarkan Gemarikan, Ingin Generasi Penerus Tumbuh Sehat dan Cerdas

Ia berharap kegiatan ini pun dapat terus mendorong perkembangan industri kuliner di Kepri serta meningkatkan perekonomian lokal melalui pengembangan produk-produk kuliner berbasis ikan.

“Saya harapkan kegiatan ini acara ini dapat menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya mengonsumsi ikan sebagai sumber protein yang sehat dan bergizi,” kata dia.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri, Said Sudrajad yang diwakili Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Ade Ovita menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Kepri dalam intervensi serentak pencegahan stunting di Provinsi Kepri, khususnya di Kabupaten Bintan.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menggali potensi dan kreativitas masyarakat dalam menciptakan masakan berbahan dasar ikan yang lezat dan bernilai gizi tinggi.

“Kami harapkan lomba ini dapat meningkatkan kreativitas masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga dalam diversifikasi menu olahan berbahan dasar ikan sebagai upaya mendukung kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemar Ikan) sebagai menu utama sumber gizi keluarga di Kepri,” katanya.

Kegiatan ditutup dengan Sosialisasi Pemenuhan Gizi 1.000 Hari Pertama Kehidupan, dengan narasumber Elvi Hayatti selaku Ahli Gizi Nutrisionis UPTD Puskesmas Kijang. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya pemenuhan gizi anak mulai dari masa kehamilan hingga usia dua tahun.

Acara ini juga dimeriahkan dengan demo masak menu olahan ikan oleh Chef Professional Ari Sanyi dari Petersely Kitchen Pekanbaru. Selain itu, sebanyak 250 paket olahan hasil perikanan, seperti ikan segar-beku, otak-otak, luti gendang, kernas, pempek dan lakse, juga dibagikan kepada ibu hamil, ibu menyusui dan masyarakat setempat. (Ky)

- Advertisement -