Home Nusantara Desa Serang Masuk 50 ADWI 2021, Mas Menteri Parekraf: Dunia Melirik Blitar...

Desa Serang Masuk 50 ADWI 2021, Mas Menteri Parekraf: Dunia Melirik Blitar Raya

Kemenparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menandatangani prasasti
Mentari Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menandatangani prasasti, sebagai bentuk apresiasi bahwa Desa Serang telah menjadi 50 desa wisata terbaik dalam lomba ADWI 2021. (foto: achmad/barakata.id)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Desa wisata Serang, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur, mendapat kunjungan kehormatan dari Mas Mentari Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, sebagai bentuk terpilihnya menjadi 50 desa wisata terbaik dalam ajang lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Dalam kesempatanya, Mas Menteri Sandiaga Uno menuturkan bahwa Provinsi Jawa timur dalam ADWI 2021 memperoleh prestasi terbanyak dalam kategori 50 desa wisata terbaik, salah satunya Desa Serang.

Akan tetapi, menurut Mas Mentri Parekraf, yang lebih penting mata dunia sekarang sudah melirik destinasi wisata yang ada di Blitar Raya. Lebih-lebih sekarang kota Blitar sedang di berlakukan uji coba PPKM level 1 atau new normal.

“Dimana ini merupakan langkah transisi pandemi menuju endemi. Sehingga, kabupaten Blitar mendapat tanggungjawab khusus karena wilayahnya mengelilingi kota Blitar,” pesan Mas Menteri Sandiaga Uno dihadapan Bupati Blitar Rini Syarifah, saat mendamping rombongan Mas Mentri visitasi ke Desa Wisata Serang Blitar, pada Sabtu (16/10/2021).

Baca juga : Desa Serang di Blitar Terpilih Menjadi 50 ADWI 2021 dari Kemenparekraf

Selain itu, Menparekraf berharap raihan positif yang di dapat Desa Serang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat dan kabupaten Blitar pada umumnya. 

Meski begitu, pelaku usaha pariwisata diharapkan agar tetap memberlakukan protokol kesehatan. Dimana, hal ini dapat memulihkan dunia pariwisata dan ekonomi yang mampu membuat lapangan pekerjaan semakin terbuka.

“Bagi seluruh desa-desa wisata di kabupaten Blitar, khususnya Desa Wisata Serang, jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus meningkatkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah khususnya di bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Rini Syarifah merasa gembira atas keberhasilan Desa Serang terpilih menjadi 50 desa wisata. Ia menuturkan bahwa pihaknya juga telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan kampung wisata yang ada.Terlebih, kabupaten Blitar mempunyai kurang lebih ada 19 wisata pantai yang patut di kunjungi wisatawan. 

Baca Juga : Kepala Dinas Perhubungan Kota Blitar Dilantik Menjadi Sekda

“Guna memperluas uji coba pembukaan destinasi wisata di masa pandemi Covid-19, saat ini harus dibarengi dengan protokol kesehatan yang ketat dan terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi,” kata Mak Rini (panggilan akrap bupati Blitar).

“Dengan begitu, saya berharap ini menjadi kebangkitan dan memulihkan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga lapangan kerja kembali terbuka,” ucap dia lagi.

Terakhir, sebagai bentuk dukungan pengembangan wisata konservasi penyu, Menparekraf juga memberikan bantuan kepada Pemerintah Desa Serang berupa pompa air untuk pengembangbiakan dan melestarikan budidaya penyu laut.(adv/kmf/jun).

SebelumnyaAtlet Kepri Raih Sejumlah Prestasi dalam PON XX
SelanjutnyaPembangunan Infrastruktur Demi Tingkatkan Ekonomi Batam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin