Home Kepulauan Riau Batam

Dear Pelanggan PLN Batam, Petugas Pencatat Meteran Kini Akan Datang ke Rumah Lagi

80
Petugas pencatat meter PLN Batam
Foto ilustrasi. Petugas pencatat meter bright PLN Batam kini sudah mulai datang lagi ke rumah-rumah pelanggan. (F: dok. bright PLN Batam)

Barakata.id, Batam – Seluruh petugas pencatat meteran bright PLN Batam mulai aktif lagi dengan datang ke rumah-rumah pelanggan. Pencatatan oleh petugas ini akan digunakan sebagai dasar perhitungan tagihan listrik di rekening mulai bulan Juli nanti.

Seperti diketahui, sejak beberapa bulan lalu, bright PLN Batam ‘meliburkan’ petugas pencatat meter yang biasa datang ke rumah pelanggan. Kebijakan itu untuk mencegah penyebaran dan penukaran virus corona di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga :
Dirut PLN Batam Berganti, Kini Dijabat Budi Pangestu

Sekarang, para petugas pencatat itu kembali diberdayakan. Tentu saja, pembacaan dan pencatatan meter di rumah pelanggan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai Pedoman Pencegahan Pengendalian Covid-19 Kementerian Kesehatan RI.

“Seperti bulan-bulan sebelum pendemi Covid-19, pada akhir bulan Juni ini, bright PLN Batam akan menerjunkan petugas catat meter lapangan untuk melakukan pencatatan meter ke rumah pelanggan. Pencatatan ke rumah pelanggan akan dilakukan dalam rentang waktu tanggal 26 sampai dengan 30 Juni 2020. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik dengan penggunaan listrik oleh pelanggan,” kata Pelaksana tugas (Plt) Vice President Public Relations bright PLN Batam, Samsul Bahri dalam siaran pers yang diterima barakata.id Jumat (26/6/20).

Samsul mengatakan, ada hal yang musti dilakukan pelanggan dalam kebijakan ini. Terutama apabila lokasi rumah pelanggan kosong atau pagar rumah terkunci saat petugas catat meter datang.

Sebagai alternatif, lanjut Samsul, bright PLN Batam meminta bantuan pelanggan untuk menuliskan angka kWh Meter listrik terbaru. Catatan itu kemudian ditempel pada pagar rumah atau tembok yang dapat dilihat oleh petugas catat meter.

Untuk pembayaran tagihan rekening listrik, bright PLN Batam juga mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan layanan online dalam melakukan pembayaran tagihan.

Samsul mengatakan, pembayaran listrik dapat dilakukan di mana saja tanpa harus mendatangi kantor pelayan bright PLN Batam.

Di antaranya melalui PT Pos, Retail Waralaba, ATM, Mobole/Internet Banking, SMS Banking, Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) seperti Link Aja, Gopay, dan sebagainya. Atau bisa juga melalui aplikasi E-Commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan sebagainya.

Selain Layanan Contact Center 123 yang beroperasi 24 Jam, demi kenyamanan pelanggan pada masa New Normal, bright PLN Batam pun tetap membuka Hotline Center melalui WhatsApp untuk komplain tagihan dan kelengkapan administrasi layanan pelanggan.

“Untuk jam operasional, sama dengan jam kerja kantor PLN Batam,” kata Samaul.

Pelanggan dapat menghubungi nomor-nomor WhatsApp sebagai berikut :

• Area Pelayanan Batam Center 0852 6414 0077
• Area Pelayanan Nagoya 0821 7004 9509
• Area Pelayanan Batu Aji 0896 0984 5534
• Area Pelayanan Tiban 0852 8400 0611

Baca Juga :
Bayar Tagihan Tepat Waktu, Listrik PLN Batam Kian Bermutu

Samsul menegaskan, PLN Batam sebagai penyedia ketenagalistrikan utama di Batam tetap berkomitmen untuk selalu memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat Pulau Batam.

“Kita semua berharap semoga pandemi Covid-19 segera berakhir,” pungkasnya.

*****

Editor : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin