Home Gaya Dear Nasabah, Begini Tips Menjaga Keamanan Rekening

Dear Nasabah, Begini Tips Menjaga Keamanan Rekening

Menjaga Keamanan Rekening
Ilustrasi. (F: Freepik)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id- Menjaga keamanan rekening merupakan hal penting yang harus dilakukan setiap nasabah perbankan. Hal itu mengingat modus kejahatan perbankan di era digital semakin berkembang.

Juru Bicara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sekar Putri Djarot mengatakan berbagai modus kejahatan itu salah satunya dengan memanfaatkan kelalaian konsumen dalam menjaga data pribadi.

“Untuk mencegah hal itu, masyarakat dapat melakukan serangkaian pencegahan seperti mengaktifkan fitur notifikasi transaksi, mengecek histori transaksi secara berkala melalui aplikasi mobile banking, menjaga keamanan seluler dan koneksi internet yang digunakan serta merahasiakan data pribadi,” ujarnya, dikutip dari siaran persnya, Senin (31/5/21).

Baca Juga:

Sekar juga membagikan tips untuk menjaga keamanan rekening. Beberapa di antaranya mungkin sangat sederhana tapi sering terlupa. Yuk cek.

1. Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi. Jika ada transaksi di rekening Anda baik dana masuk atau keluar, maka bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.

2. Cek histori rekening atau saldo secara berkala. Anda dapat melakukan ini dengan mudah, kapan saja dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau internet banking.

3. Untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat seluler Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

4. Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan Wifi publik atau free wifi untuk melakukan transaksi perbankan.

5. Jaga data pribadi Anda. Jangan pernah memberikan User ID, password, kode OTP, PIN rekening atau nama ibu kandung ke siapa saja, termasuk ke pihak bank. Ubah password secara berkala.

6. Hari-hati saat menggunakan ATM. Pstikan tak ada benda mencurigakan seperti tempelan alat lain atau nomor rekening tak resmi di mesin ATM untuk menghindari skimming.

Baca Juga:

7. Jika mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segera datang ke bank. Waspada terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan, sebab berisiko bisa mengetahui password atau melakukan kloning kartu Anda.

Jika mengalami kendala hubungi layanan kontak bank yang Anda gunakan. Anda bisa menghubungi website resmi bank tersebut untuk mengetahui nomor teleponnya.

Untuk informasi dan pengaduan konsumen sektor jasa keuangan dapat menghubungi kontak OJK 157.

***

Editor: Asrul R

SebelumnyaWarga Diminta Hati-Hati, Ada Perbaikan Jalan Tiban Koperasi
SelanjutnyaBagi Hasil Cukai, Pemkab Blitar Dijatah Rp20,8 Miliar, Masyarakat Diminta Awasi Realisasinya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin